KABITA JADI PEMBALAP F1? HARUS APAL 18 KENOP DINA SETIR !

Ajang balap Formula 1 bukan sekadar ajang balap mobil biasa. Selain strategi, pembalap pun harus menguasai semua instrumen di mobil, termasuk semua fitur yang menjadi satu-kesatuan dalam lingkar kemudi.

Contoh pada mobil MRT05 yang dikendarai Rio Haryanto, total ada 18 tombol utama. Setiap tombol menandakan fitur yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Ieu rame lur: BELENCOSO MEMBOGAAN MOTIVASI NGÉLÉHKEUN PBFC !

Pebalap harus bisa menghafal dan mengontrol mobil melalui semua tombol tersebut. Hal ini membutuhkan keahlian tinggi karena tidak mudah melakukannya saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Bila dijabarkan, 18 tombol tersebut terdiri dari berbagai macam fitur yang mengatur mobil sekaligus sebagai media informasi pembalap.

Berikut 18 tombol dan fungsinya pada kemudi mobil Formula 1:

1. Boost – tombol untuk meningkatkan akselerasi
2. Lap Time – petunjuk waktu dan putaran/lap
3. Harvest – mengatur jumlah energi saat pengereman
4. Downshift Paddle – menurunkan transmisi
5. Mix – mengatur antara udara dan bahan bakar mesin
6. Bite Point – sprint awal peluncuran mobil (start)
7. BPF (Bite Point Find), rekam data instruksi
8. Clutch Paddle
9. BBAL – mengatur keseimbangan rem depan dan belakang
10. Reverse Gear – gigi mundur
11. Light Shift
12. Limiter – pembatas kecepatan (pit-lane limit), 62 mph
13. Parameter Engine
14. Upshit Paddle
15. Torque – menyesuaikan kurva torsi mesin
16. Tyre – menghitung kecepatan roda
17. Clutch Paddle
18. Differential – ada 12 pengaturan untuk masuk sudut, titi tengah, dan keluar mobil

0501166f11780x390

(Bobotoh.id/RCK/Otomania.com)

[socialpoll id=”2343919″]


 

[socialpoll id=”2343649″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.