MAHASISWA INDONESIA SIAP ADU TEKNOLOGI KENDARAAN IRIT SA ASIA

Sebanyak 20 tim dari 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  yang berasal dari 10 kota menjadi bagian dari tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016. Merekalah yang akan mewakili Indonesia di ajang adu teknologi kendaraan ramah lingkungan serta bahan bakar di Manila, Filipina, 3-6 Maret 2016.

Indonesia menjadi negara yang mengirimkan tim mahasiwa terbanyak kedua pada ajang ini setelah tuan rumah Filipina yang mengirimkan 28 tim mahasiswanya. Mereka menjadi bagian dari lebih 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah, serta Afrika yang hadir pada ajang bergengsi ini.

Ieu rame Lurr.. (ALL-NEW CBR150R NGA-KLEM LEBIH IRIT)

SEM Manila 2016 sendiri akan menjadi ajang serupa ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan, didesain secara khusus di kota Manila, Filipina. Inilah wujud komitmen Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energinya yang terus meningkat melalui kerjasama erat dengan para pelajar, mitra dan pihak terkait lainnya.

Pada ajang ini, tim mahasiswa dari 17 negara ditantang meningkatkan efisiensi energi di lingkungan  perkotaan yang ada di dunia saat ini. Pemenanganya adalah tim yang bisa mencapai jarak terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar, bukan berdasarkan kecepatan mobil.

Shell 

”Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia ini menjadi sangat penting, karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan,” ujar Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia.

Para tim mahasiswa akan berpartisipasi pada kategori Prototype dan UrbanConcept. Kategori Prototype akan melombakan mobil futuristik yang bertujuan memaksimalkan efisiensi sumber energi (bahan bakar) dengan elemen desain yang inovatif.

Sedangkan kategori UrbanConcept adalah desain kendaraan konvensional roda empat hemat bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mengemudi saat ini atau yang “layak jalan”.

Kendaraan ini akan tampil dengan beragam jenis bahan bakar (energi) yaitu gasoline (bensin), solar, bensin alternatif (etanol 100), solar alternatif (bahan bakar gas atau Metil Ester Asam Lemak produk Shell), baterai elektrik atau sel bahan bakar hidrogen. (.id/Kompas.com)

 

[socialpoll id=”2337640″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.