MENYIEUN ALAT UNTUK MENENJO GERHANA ITU GAMPANG LUR !

Banyak masyarakat yang ingin melihat .

Untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT), rupanya tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal. Pakar Astronomi Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Bintoro Anang Subagyo mengatakan, masyarakat bisa menggunakan alat sederhana, bahkan bisa membuatnya sendiri, untuk menonton GMT.

Caranya, dengan menyiapkan selembar kertas karton. Selanjutnya, kertas karton, atau kardus itu diberikan lubang kecil. Pada lubang kecil itu lalu dipasang aluminium foil dengan cara ditempelkan. “Dengan cara sederhana semacam itu alatnya sudah jadi. Nama alatnya sendiri adalah Pinhole,” ujar Bintoro, Senin malam, 7 Maret 2016 dilansir vivanews.

Ieu rame lur: VLADO NYAKOLAKEUN ANAKNYA DI BANDUNG !

Menurutnya, lubang itu memiliki fungsi menangkap cahaya matahari. Cahaya itu kemudian diproyeksikan pada kertas putih untuk pengamatan. Bintoro menyarankan, sebaiknya masyarakat tidak menyaksikan GMT secara langsung. “Bahkan, sebaiknya juga jangan menggunakan kacamata hitam untuk melihatnya. Karena alat bantu yang baik itu yang bisa mereduksi cahaya hingga 100 kali, sedangkan kacamata hitam tidak bisa,”kata dia.

Apabila masyarakat tetap nekat menyaksikan GMT dengan menggunakan kacamata hitam, Bintoro mengungkapkan akan muncul beberapa dampak buruk. “Salah satunya cukup parah adalah mengakibatkan kebutaan, maka sebaiknya menggunakan Pinhole tadi, atau kacamata khusus gerhana, dan kedok las yang harganya juga tidak mahal,” kata Bintoro. (Bobotoh.id/RF)

[socialpoll id=”2324661″]


 

[socialpoll id=”2333124″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.