PANTAI KELAYANG, PUSAT PERBURUAN GMT DI PULAU BELITUNG

Sebuah panggung raksasa didirikan di arena yang memang sering digunakan untuk pertunjukkan massal. Tenda kehormatan dengan kursi-kursi ukir sudah disiapkan sejak Senin (7/5).

Sistem tata suara diuji coba sejak siang, menciptakan kebisingan yang menenggelamkan deru angin dan bunyi air laut yang menghempas pantai.

Presiden diagendakan berada di sini, untuk ikut menyaksikan , tanggal 9 Maret besok.

Kendati beredar kabar, bahwa kedatangan Presiden mungkin dibatalkan, banyak warga mengatakan tetap akan datang ke , karena Jokowi.

 

 

“Kapan lagi, bisa ketemu Jokowi,” kata Rosita, seorang warga Tanjung Pandan, yang sore itu datang bersama ibunya dan dua anaknya.

“Nanti mau menyewa mobil besar, rombongan keluarga, mungkin 20 orang, buat lihat gerhana matahari, sama lihat Jokowi sekalian. Moga-moga bisa salaman,” tambahnya pula, sambil tertawa.

Tak cuma pantai

Pantai dan puncak bukit merupakan titik-titik favorit perburuan gerhana. Di Pulau disiapkan 12 titik khusus pengamatan: tujuh di Kabupaten , lima di Kabupaten Timur.

Dan Pantai Kelayang merupakan pusatnya. Selain rencana kehadiran Jokowi, di sini juga akan berlangsung berbagai pertunjukkan: musik tarian, puisi.

Menghadirkan antara lain ikon sastra Belitung, Andre Herata. Tokoh Belitung lain yang sangat terkenal, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, masih belum jelas apakah akan mudik untuk .

Tetapi sebetulnya, di sekitar Belitung ini, apalagi di Tanjung Pandan, Gerhana bisa dilihat dari mana saja, kalau cuaca bagus dan pandangan tak terhalang, kata Margiono, dari BMKG Tanjung Pandan.

 

 

“Memang, puncak Bukit menjadi favorit karena ketinggiannya, dan pantai karena keluasan horisonnya.” kata Margiono pula.

Di seluruh pantai utara Belitung, pengamatan bisa dilakukan dengan baik, asal mengarah ke timur.

Namun, Margiono menjelaskan, saat gerhana mulai terjadi, pukul 07;20, “permulaan gerhana memang ketinggian matahari berada pada sekitar 5 derajat.”

“Tapi kalau pas gerhana matahari totalnya, ketinggian matahari nanti akan sekitar 20-21 derajat. Jadi bisa dikatakan, kita di Belitung ini bisa melihat dari mana saja. Yang penting arahnya ke timur, katanya.

Margiono mengungkapkan pula, selain teloskop, BMKG memasang juga magnetograph di Belitung, untuk mengukur apakah ada perubahan magnet bumi saat terjadinya Gerhana Matahari total. (.id/bccindonesia.com)

 

[socialpoll id=”2324661″]

[socialpoll id=”2333124″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.