RAYAKAN HARI MUSIK NASIONAL, MENPORA GAGAS BANK MUSIK | WEIISSS.. TUMBEN..

Dalam merayakan pada Rabu (9/3) kemarin, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, membuka ruang diskusi di Rolling Stone Café, Jakarta, demi membahas gagasan dirinya dalam membentuk sebuah program bernama .

Selain kehadiran menteri Imam Nahrawi, ada pun peserta diskusi lainnya yang turut hadir seperti Didi Kempot, Ifan ‘Govinda’, Rahayu Kertawiguna dari Nagaswara, Remy Sylado, Anang Hermansyah, Opik, Bens Leo, dan Apoy ‘Wali’.

Program Bank Musik digagas oleh menteri Imam Nahrawi demi mendokumentasikan karya-karya musik, alat-alat musik, ragam bunyi, foto, hingga profil dari musisi-musisi legendaris maupun generasi muda di Indonesia.

Saat melakukan diskusi, menteri Imam Nahrawi membeberkan ide awal dibalik gagasan program Bank Musik. Ia bercerita kisah pribadinya ketika kembali ke kampung halaman di Madura, Jawa Timur, dan bertemu dengan teman satu orkesnya dulu. Kenangan keduanya menurut Imam Nahrawi terasa kurang terasa karena tidak adanya dokumentasi tentang kiprah orkesnya tersebut.

“Upaya mengiventarisasi warisan budaya ini harus dikemas secara menarik dan cantik sehingga memudahkan peminatnya untuk mengetahui dan mempelajari beragam karya anak bangsa. Ini sekaligus menjadi benteng bagi pemuda agar tidak mudah terpengaruh budaya asing hingga melupakan budaya sendiri,” tulis menteri Imam Nahrawi seperti dikutip dari rilis pers.

ieu rame lurr.. (DILEMA PERKEMBANGAN MUSIK DI ERA DIGITAL: KUALITAS VS VIRAL)

Bank Musik sendiri bakal memiliki tiga komponen penting. Komponen pertama adalah Bank Musik sebagai tempat untuk menyimpan, merawat, melestarikan, dan mengembangkan karya musik, alat musik, foto maupun profil musisi Indonesia. Komponen kedua Bank Musik bakal memiliki sistem teknologi informasi dalam format daring. Dengan kata lain Bank Musik akan memiliki aplikasi sendiri dengan tetap memperhatikan hak cipta. Komponen yang ketiga, Bank Musik akan menyediakan sebuah panggung sebagai pusat kreatif para musisi Indonesia.

Namun hingga berita ini dituliskan, belum ada kepastian yang jelas kapan Bank Musik ini akan mulai dijalankan. Saat melakukan diskusi, menteri Imam Nahrawi hanya membeberkan sedikit informasi bahwa program Bank Musik akan segera dikerjakan tahun ini.

Anang Hermansyah, musisi yang juga merangkap menjadi anggota DPR Komisi X, menyambut positif gagasan Bank Musik ini. “Ini ide yang baik di mana adanya kehadiran pemerintah untuk industri musik Indonesia,” katanya. “Kegelisahan saya adalah 100 tahun ke depan musik kita, khususnya tradisional, sudah dilupakan. Saya pikir ini menjadi satu tempat untuk mengenal budaya Indonesia, karya masa lalu ataupun hari ini,” tambahnya. (.id/rollingstone.co.id)

 

[socialpoll id=”2341453″]

[socialpoll id=”2340859″]

 

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.