ASPEK PENTING ACARA LAUNCHING PERSIB CEK EKOMAUNG !

Apakah esensi dari sebuah acara peluncuran klub sepak bola atau Launching? Redaktur senior Bobotoh.ID, Eko “Ekomaung” Noer Kristanto melalui layanan video streaming Periscope Bobotoh.ID (Minggu, 24/4/2016) mencoba menjelaskannya.

Menurut Ekomaung, pada hakekatnya esensi peluncurun tim dan jersey yang dilakukan di Stadion Siliwangi, Sabtu kemarin (23/4/2016) memiliki dua aspek penting atau esensi.
Pertama, aspek informasi. Launching sangat penting untuk memperkenalkan ‘pasukan’ pada para Bobotoh. Para Bobotoh dapat mengetahui sipa saja pemain yang resmi , pelatih, pengurus, serta memperkenalkan jersey terbaru sebagai identitas.

Ieu rame lur: SEMPAT DIGODA KLEUB LAIN, ZULHAM: SAYA PILIH PERSIB!

Pada launching kemarin, aspek informasi itu sampai ke para bobotoh dengan utuh, sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi para Bobotoh tentang segala hal yang berkaitan dengan Persib Bandung.

Esensi yang ke dua adalah aspek branding atau pencitraan bisnis. Kita tidak terlalu fokus pada bagaimana dan di mana launching ini dilakukan. Tetapi aspek pencitraan bisnis ini penting bagi Persib. Karena di dalam launching ini Persib memperkenalkan siapa saja sponsor-sponsor yang mendukung sisi finansial klub.

“Sponsor-sponsor yang awalnya sempat dilanda ketidakpastian karena liga diberhentikan, ternyata sampai kemarin masih cukup baik komitmennya. Karena memang liga dihentikan bukan karena kesalahan Persib atau karena Persib melanggar kesepakatan. tetapi karena sepak bola nasional dilanda konflik antara pemerintah dengan federasi”, jelas Ekomaung terperinci.

Salah satu aspek penting dari pencitran bisnis ini adalah Persib berhasil menunjukkan pada Indonesia bahwa Persib adalah klub yang paling siap secara finansial. Parameternya sederhana saja, yaitu di saat peluncuran Persib, diluncurkannya juga salah satu produk otomotif dari sponsor Persib.

Produk yang dikeluarkan Datsun itu bukan main-main karena yang dijual adalah produk otomotif. Datsun meluncurkan produk otomotif yang identik dengan Persib. Dengan demikian Persib juga melakukan ‘show of force’ bahwa segmen Bobotoh itu tidak hanya menengah ke bawah, tetapi juga menengah ke atas. Tersedia 80 unit mobil datsun edisi khusus Persib yang bila rata-rata harga per unitnya Rp. 100 juta, maka harga transaksi keseluruhan yang diharapkan adalah Rp. 8 miliar. Dengan demikian Persib berhasil menunjukkan bahwa segmen supporter Persib tidak hanya di di level menengah bawah, tetapi menengah atas. (Bobotoh.ID/RCK)

[socialpoll id=”2353103″]


[socialpoll id=”2353620″]

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.