FACEBOOK KEMBANGKAN AI UNTUK PENYANDANG TUNA NETRA !

Internet berubah. Pada mulanya dibangun oleh sekumpulan teks sekarang mulai didominasi oleh gambar (imaji). Diperkirakan setiap harinya 1,8 juta foto diunggah oleh pengguna ke dalam jaringan. Terutama ke media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Tentu saja ini berita yang menyenangkan bagi para fotografer maupun penggemar fotografi. Tetapi tiak halnya dengan para penyandang disabilitas netra atau penyandang kelainan penghlihatan lainnya. Karena keterbatasannya mereka tidak dapat mengenali gambar apakah yang ada di hadapannya.Meskipun sudah tersedia alat bantu yang terbaru.

Ieu rame lur: BOBOTOH MANGMELANGKEUN KONDISI EMOSIONAL PERSIB !

Untuk mengatasi hal tersebut, situs jejaring Facebook pada hari Selasa ini dikabarkan akan meluncurkan layanan baru yang dapat membantu pengguna dengan disabilitas netra. Dikutip dari BBC.com, Facebook akan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) yang dapat mengubah dan menjelaskan gambar yang diunggah ke situs mereka sehingga dapat dibaca dengan menggunakan screen reader.

Matt King adalah orang dibalik gagasan tersebut. Ia adalah seorang insiyur yang kehilangan fungsi penglihatan akibat retinitis pigmentosa, yakni kondisi yang merusak sel-sel peka cahaya di dalam retina.

King mengatakan alasannya untuk mengembangkan fasilitas tersebut adalah sebagai masalah keadilan informasi. “”Saya merasa punya hak untuk informasi itu. Saya meminta informasi yang sudah tersedia untuk orang lain untuk diungkapkan kepada saya. Jadi saya melihatnya sebagai masalah keadilan.” (Bobotoh.id/RCK)

[socialpoll id=”2320229″]


 

[socialpoll id=”2348227″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.