IEU 6 SYARAT SAH RAZIA POLISI RESMI !

Para bobotoh yang menggunakan kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat mungkin pernah bertemu dengan razia polisi. Baik itu razia resmi atau razia tidak resmi yang dilakukan oknum petugas kepolisian. Razia kendaraan bermotor dilakukan agar Bobotoh tertib lalu lintas, namun seringkali hal ini disalahgunakan oknum polisi untuk meraup keuntungan. Nah bagaimana cara kita mengetahui razia polisi itu resmi tidaknya?

Seperti dilansir oleh liputan6.com ada 6 syarat sah yang harus dipenuhi polisi uang ingin melakukan razia. Apa saja? Mari kita simak.

Ieu rame lur: INGIN SUKSES TWITTERAN? TURUTAN CHERRYBELLE DAN JKT48!

1. Harus ada tanda papan tilang
Tiap tempat pemeriksaan atau razia harus dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya razia kendaraan bermotor. Petugas diharuskan memasang tanda papan tilang Tanda diletakan sekurang-kurangnya 100 meter sebelum dan sesudah lokasi pemeriksaan. Tanda ini wajib disediakan petugas pada setiap razia yang dilakukan.

2.Harus memiliki surat tugas
Petugas yang melakukan razia wajib membawa surat tugas yang memuat beberapa hal penting seperti alasan dan jenis pemeriksaan, waktu pemeriksaan, penanggung jawab pemeriksaan daftar petugas pemeriksa, dan daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama pemeriksaan.

3. Menyiapkan papan bercahaya kuning saat razia malam hari
Razia pada malam hari harus dilengkapi dengan tanda papan pemeriksaan. Petugas harus menyediakan papan tanda pemeriksaan yang diberi cahaya warna kuning sebagai tanda pemeriksaan saat itu.

4. Wajib memakai seragam dan atribut
Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas , dan perlengkapan pemeriksaan.

5. Jangan sogok petugas
Jika terjaring razia tidak perlu repot-repot bernegoisasi atau menyogok petugas seperti kebanyakan orang. Sapalah petugas dengan baik dan hormat. Jika tahu apa kesalahan dalam berkendaraan, maka akui kesalahan dan jangan membantah. Jangan pula mencari pembenaran atas kesalahanan.

6 Ambil surat tilang warna merah
Apabila anda dirazia dan ditilang karena melanggar aturan lalu lintas, maka ambillah surat tilang berwarna merah. Selanjutnya ikutilah prosedurnya dengan melaksanakan sidang perkara di pengadilan. Anda juga harus membayar denda maksimal ke bank yang sudah ditentukan. (bobotoh.ID/RCK)

[socialpoll id=”2320510″]


 

[socialpoll id=”2332819″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.