KARTINI, TEMA DOODLE GOOGLE DI POÉ IEU!

Di tanggal 21 April 2106 Google mengeluakan doodle-nya yang terbaru yang berkaitan dengan peristiwa penting di tanah air. Kali ini perayaan Hari Kartini yang menjadi tema doodle.

Bila kita mengklik gambar Google tersebut, secara otoatis peramban interet (browser) akan mengarah ke halaman hasil pencarian Google dengan kata kunci ‘Kartini’. Pengelola mesin pencari Google memang sering menampilkan landing page-nya secara tematik, yang disesuaikan dengan peristiwa-peristiwa bersejarah.

Ieu rame lur: KIPER PERSIB NGOMONGKEUN PENGHAPUSAN WATER BREAK, GINI KATANYA !

Selain menampilkan indeks dari Wikipedia yang berada di urutan teratas, Google juga menampilkan tautan dari biografiku.com yang menampilkan laman khusus R.A. Ajeng Kartini.

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Dikutip dari Kompas.com, Kartini menyenangi perbincangannya dengan Stella karena gelar bangsawan jarang terselip di setiap balasan suratnya. Kartini senang mengetahui bahwa Stella menganggapnya sebagai perempuan biasa, yang sama-sama lantang dan keras menyerukan kebebasan.

Stella adalah nama panggilan sahabat penanya, Estella Helena Zeehandelaar, yang berkebangsaan Belanda.

“Harapan saya selalu, agar kamu senantiasa memanggil nama saya dan tetap berengkau-kamu kepada saya. Lihat sajalah, betapa baiknya saya mengikuti contohmu,” kata Kartini, yang ketika itu berusia 20 tahun. (Bobotoh.id/RCK)

[socialpoll id=”2353039″]


 

[socialpoll id=”2352373″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.