KNKT MENÉANG PENYEBAB TABRAKAN PESAWAT DI HALIM !

Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT menyelidiki penyebab tabrakan pesawat komersial Batik Air dengan pesawat Transnusa di landasan pacu Bandar Udara Halim Perdana kusuma pada Senin malam (4/4) kemarin.

Kepada BBC Indonesia, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya telah mengambil empat kotak hitam (black box) dari masing-masing pesawat. Pada kotak hitam itu terdapat data penerbangan dan rekaman suara di kokpit pesawat untuk diteliti. Selain kotak hitam, KNKT juga telah mengambil data-data di menara bandara sekaligus melihat pandangan dari menara ke arah landasan pacu.

Ieu rame lur: BRIKING NYUS! BANDARA HALIM DITUTUP SAMPAI JAM 10 MALAM. KUNAON?

Untuk selanjutnya, KNKT akan melakukan serangkaian wawancara terhadap petugas lalu intas udara serta petugas penanganan pesawat di darat. Selain itu, pilot kedua pesawat juga akan turut diwawancara. “Dari wawancara itu bisa diketahui kapan terakhir mereka mendapat pelatihan, materi pelatihannya apa saja, cara kerja mereka bagaimana, apakah istirahat mereka cukup,” jelas Soerjanto kepada BBC Indonesia.

Insiden tabrakan tersebut itu tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi Bandara Halim Perdanakusuma sempat ditutup selama beberapa jam sebelum kembali beroperasi pada hari Selasa dini hari (05/04). (bobotoh.id/RCK)

[socialpoll id=”2344922″]


 

[socialpoll id=”2348789″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.