OPERA MENGHARATISKAN LAYANAN VPN !

Mungkin belum semua Bobotoh pengguna internet menggunakan VPN atau Virtual Private Network. Maklum teknologi ini umumnya digunakan oleh perusahaan atau korporasi yang mengelola koneksi berbagai jaringan yang lebih rumit dari jaringan rumahan.

Pada mulanya penggunaan VPN harus mengunduh ekstensi atau membayar ke layanan tertentu untuk mendapatkannya. Namun pengembang peramban Opera mengambil langkah radikal: menggratiskan layanan VPN pada peramban Opera.

Ieu rame lur: BUTUH RP 100 TRILIUN UNTUK “MENCAANGKAN” PAPUA, MALUKU & NTT!

Walau gratis, tetapi VPN gratis yang ditawarkan Opera tidak kalah canggih dengan layanan sejenis yang berbayar. Masih menawarkan enkripsi 256-bit, mampu menyembunyikan alamat IP pengguna, dan dapat mengakses situs-situs tertentu yang diblokir oleh pemerintah atau hanya diakses terbatas di negara tertentu saja. Sejauh ini fungsi VPN hanya tersedia di Opera Developer versi komputer, namun ke depannya fungsi ini akan diperluas ke versi lainnya.

Seperti diberitakan oleh CNNINdonesia.com VPN tersebut bisa dipakai pengguna Opera untuk memanipulasi tempat di mana mereka mengakses Interent. Dalam pilihannya hanya ada tiga negara, Amerika Serikat, Kanada dan Jerman.

Fungsi ini tercipta setelah Opera mengakuisisi SurftEasy pada Maret 2016 lalu. SurftEasy sendiri merupakan plugin VPN khusus untuk Opera yang saat ini masih tersedia dengan berlangganan US$ 4 sebulan. (Bobotoh.ID/RCK)

[socialpoll id=”2353321″]


 

[socialpoll id=”2352373″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.