27 MEI 2006 ! GEMPA YOGYA ‘NULUNGAN’ PERSIB !

Selain kasus tewasnya Rangga Cipta Nugraha, ada insiden lain yang berhubungan dengan Persib pada 27 Mei. Apa itu ?! Ialah Gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta 27 Mei 2006 lalu. Gempa yang juga melanda beberapa kota di Jawa Tengah itu membuat Persib terhindar dari degradasi.

Pelatih Persib pada Liga Indonesia 2006, Risnandar gagal mengangkat prestasi Persib. Ia mundur dari jabatannya setelah memperoleh hasil minor di dua laga kandang dan juga desakan dari bobotoh. Maung Bandung kalah di Siliwangi oleh PSIS Semarang dengan skor 1-2 dan terjungkal 0-1 dari Persijap Jepara.

Pasca mundurnya Risnandar yang diikuti asisten pelatihnya, Encas Tonif, Persib menunjuk Djajang Nurdjaman yang kala itu membesut Persib U-23. Selang berapa lama, manajemen akhirnya menujuk Arcan Iurie sebagai pelatih kepala.

Dibawah Iurie, permainan Persib sempat membaik. Singkat cerita, Iurie tetap gagal mendongkrang posisi Persib di klasemen. Jurang degradasi pun mengancam. Persib terancam terperosok ke kasta kedua sepak bola Indonesia.

Namun, 27 Mei 2006, gempa besar melanda Yogyakarta. Akibatnya, sejumlah tim memutuskan untuk mundur dari kompetisi. Mereka adalah PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman dari divisi utama dan Persiban Bantul dari Divisi satu.

Pasca gempa dan mundurnya beberapa tim asal Jawa Tengah, PSSI membuat keputusan kontroversi. Sistem degradasi dihapus dari kompetisi Liga Indonesia 2006.

Ieu Rame Lur : 27 ‘Kicauan’ #MenolakLupa & #JusticeForRangga !

“Inilah yang namanya Bencana membawa berkah,” ujar manajer Persib kala itu, Yossi Irianto seperti dikutip dari buku Persib Aing.

Meskipun hasil akhir klasemen Persib finish di posisi 12 atau satu peringkat diatas jurang degradasi, Gempa Yogya cujup berdampak pada tim. Persib tanpa tekanan, mereka mampu menahan imbang 0-0 Sriwijaya FC dikandangnya dan menang 1-0 atas Semen Padang di Stadion Agus Salim.

Namun, pada laga terakir yang digelar di Stadion Siliwangi, Persib kalah 0-1 dari Persitara Jakarta Utara. Pada kompetisi tersebut, Persib meraih 7 kali menang, 8 seri dan 11 kali kalah. (bobotoh.id/HL/berbagai sumber)

[socialpoll id=”2354302″]


[socialpoll id=”2362041″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.