DEMI PARKIRAN MAL, RUMAH PENINGGALAN BUNG TOMO DIANCURKEUN !

Jangan Sekali-kali melupakan sejarah (jas merah), tapi hal itu rupanya tidak berlaku bagi sebagian orang. Di Surabaya contohnya, rumah peninggalan Bung Tomo yang menyimpan banyak sejarah didalamnya terancam punah. Kabarnya, bangunan yang termasuk cagar budaya ini akan digunakan sebagai parkiran mall.

Rumah yang terletak di Jalam Mawar 10-12 Surabaya ini pernah menjadi tempat Bung Tomo saat membakar semangat Arek-arek Suroboyo. Sayang, proses pembongkaran rumah tersebut lolos dari perhatian publik. Rumah tersebut telah dibeli oleh Plaza Jayanata dan akan dibongkar untuk lahan parkiran.

“Yang dulu tinggal di sini pindah ke daerah Rungkut. Kayaknya Jayanata bayar mahar. Makanya pindah,” ujar Rano, salah satu petugas keamanan di kawasan tersebut, Jumat (6/5/2016) seperti dikutip liputan6.com.

Ieu Rame Lur : Sing Enggal Damang, Haji Ridwan !

Keluarga Hurin, yang sebelumnya menempati rumah tersebut, pindah ke Pondok Nirwana, Rungkut, Surabaya. Salah satu pemerhati cagar budaya Surabaya, Kuncarsono Prasetyo, mengatakan rumah Bung Tomo yang dibongkar itu sejatinya tidak rata total karena ada kapling yang tidak tergusur. Namun kondisinya tidak terurus.

“Adanya bangunan yang selamat karena berada di kapling berbeda. Nomor 12 di sisi selatan dan nomor 10 di utara. Dua kapling itu sudah dibeli oleh dua pihak yang berbeda,”” ujar pria alumnus Unair jurusan Fisip ini pada Liputan6.com. (bobotoh.id/HL/Liputan6.com)

[socialpoll id=”2357314″]


[socialpoll id=”2355902″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.