GOOGLE DOODLE HARI INI MENÉMBONGKEUN DAÉNG SOETIGNA. SAHA CIK?!

Google Doodle hari ini, 13 Mei 2016, menampilkan Daeng Soetigna, pria kelahiran Garut tahun 1908. Begitu istimewanya ketokohan beliau sehingga menampilkannya sebagai doodle. Nah siapakah Daeng Sotigna itu?

Almarhum Daeng Sotigna adalah pencipta angklung diatonis, di mana dengan kreativitasnya ia berhasil mengubah angklung tradisional bernada pentatonis menjadi diatonis. Dengan demikian, alat musik dari bambu yang berasal dari Tatar Sunda itu bisa digunakan untuk memainkan lagu-lagu non tradisional secara lebih luas.

Ieu rame lur: MUCUNGHUL DUA NAMA KANDIDAT KETUM PSSI !

Perjuangannya mengangkat musik angklung dari semula hanya dimainkan di panggung-panggung kampung menjadi kelas konser papan atas membuat namanya harum hingga kini. Google pun turut menghormati perjuangan Daeng dengan memperingati hari lahirnya pada tanggal 13 Mei ini.

Daeng Soetigna pensiun sebagai pegawai negari sipil pada tahun 1964 (saat berumur 56 tahun). Setelah bebas dari tugas rutin sebagai pegawai pemerintah, maka Pak Daeng aktif mengembangkan angklung. Iia melatih di berbagai kelompok angklung seperti SD Soka, SD Santo Yusup, dan SD Priangan. Atas jasa-jasanya, pada masa tuanya inilah Pak Daeng mulai memperoleh berbagai penghargaan, termasuk SATYA LENCANA KEBUDAYAAN dari Presiden RI.

Setelah pengabdiannya yang panjang dalam mengangkat musik angklung dari kelas panggung kampung ke kelas konser, Pak Daeng Soetigna wafat pada tanggal 8 April 1984, dan dikebumikan di Cikutra, Bandung. (Bobotoh.ID/RCK)

[socialpoll id=”2329526″]


 

[socialpoll id=”2357742″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.