MENÉNJO ASAP MEMANJANG DI LANGIT? INI JAWABAN ILMIAHNYAH!

Sesekali mungkin Bobotoh pernah melihat suatu yang mirip awan tapi memanjang lurus berwarna putih. Sebagian dari kita menganggapnya sebagaiasap yang panjang. Sebagian orang tua sering memberi tahu kepada anaknya bahwa awan panjang atau asap berarti ada roket yang sedang melintas.

Penampakan asap seprti itu seperti ini bukanlah fenomena alam, melainkan buatan manusia yang tidak disengaja. Asap tersebut merupakan hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat.

Ieu rame lur: 6 FOTO KEDATANGAN TIM PERSIB DI BALIKAPAPAN!

Proses seperti ini biasa disebut dengan condensation trails tapi ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud. Di dunia penerbangan nama bekennya adalah Contrail. Contrail terjadi saat pesawat terbang di ketinggian 16.500 kaki (sekitar 5.000 meter).

Seperti dijelaskan dalam angkasa.co.id, Di kawasan tropis kejadian seperti ini memang terbilang tidak sebanyak daerah yang beriklim sub-tropis. Sebab berkaitan dengan kadar air yang berada di kawasan dingin memang lebih banyak dibanding dengan di daerah tropis.

Contrails bereda dengan dengan asap yang memang sengaja di keluarkan oleh pesawat, karena pada umumnya asap yang dikeluarkan oleh pesawat untuk kepentingan pertunjukan, atau ada kerusakan pada mesin. (Bobotoh.ID/RCK)

[socialpoll id=”2322159″]


[socialpoll id=”2356517″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.