SINYAL HAPE SERING PUTUS? IEU CARA MENDAPATKANNYA!

Penggunaan telepon genggam atau biasa disebut hape semakin merakyat. Hape semakin banyak digunakan dan harganya pun semakin murah. Sedangkan sistem operasinya pun semakin bervariatif, para pengguna bisa memilih sistem operasi Android, iOS, Windowsphone, Blackberry, atau Symbian.

Namun sayangnya untuk masalah kekuatan sinyal, kadang-kadang tidak bisa diprediksi. Adakalanya sinyal terputus di saat Bobotoh sedang melakukan panggilan telepon atau melakukan koneksi internet. Setelah diperiksa, teryata sinyal yang diterima dari operator berkurang atau melemah.

Nah tentu para Bobotoh ingin mengatasi masalah tersebut agar komunikasi menjadi lancar. Menurut Kompas.com ada 5 cara untuk untuk mendapatkan sinyal terbaik. Begini caranya.

1. Buat peta sinyal
Seandainya sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang bisa didapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta. Dengan cara demikian Bobotoh akan tahu di titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

2. Airplane mode
Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara sederhana ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang digunakan Bobotoh. Selain itu bisa saja ponsel malah akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

3. Buka jendela
Bila berada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya. Begitu pula bila seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela terdekat. Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

IEU RAMÉ LUR: GBLA ITU MEMANG UNTUK PERSIB, CEUK KANG ÉMIL!

4. Periksa baterei
Kalau SMS atau pesan lain yang dikirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit. Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya. Nah, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

5. Dekati pemancar sinyal
Sebelumnya Bobotoh pengguna Android harus men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel Android. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal di sekitar kita. Bila panggilan suara terputus-putus, cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekatinya. Dengan demikian Bobotoh bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu. (Bobotoh.ID/RCK).

[socialpoll id=”2356593″]


[socialpoll id=”2362041″]

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.