TELAT PERPANJANG SIM? SEKARANG MAH HARUS BIKIN BARU!

Beberapa waktu lalu bila SIM atau Surat Izin Mengemudi habis masa berlakunya, masih ada tenggat waktu selama setahun untuk melakukan perpanjangan. Jadi bila terlambat memperpanjang, masih bisa melakukan perpanjangan SIM setahun dari tanggal masa berlaku SIM. MIsalnya bila SIM habis masa berlakunya tanggal 18 Mei 2016, masa perpanjangan bisa dilakukan sampai sebelum 18 Mei 2017.

Akan tetapi seiring adanya Telegram Kapolri nomor tr ST/ 985/ IV/ 2016 tertanggal pada 20 April 2016, kebijakan tersebut dinyatakan tidak berlaku Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Kristiandi melalui Kanit Regident (Unit Registrasi dan Identifikasi), AKP Atik mengatakan, pihaknya sudah mulai memberlakukan aturan tersebut. Sebab, surat telegram itu berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia.

IEU RAME LUR: LALY TEU HARIWANG PERSIBA MAIN KERAS, TAPI…!

“Ini mulai berlaku. Sehingga bagi masyarakat yang (SIM-nya) habis 9 Mei misalnya, ya enggak bisa diperpanjang 10 Mei,” ungkapnya, pada Merdeka.com beberapa waktu lalu.

Kalau pun ingin diperpanjang 10 Mei, otomatis membuat SIM baru. Dia menyarankan, masyarakat untuk memperpanjang SIM selama masa tenggat waktu masih berlaku. “Kan perpanjangan sudah di mudahkan dengan sistem online, yang berlaku di seluruh satpas lalu lintas secara Nasional, hal tersebut, untuk mempermudah masyarakat,” ucapnya.

Jadi para Bobotoh yang SIM-nya akan segera habis, baik Sim A, B, maupun C, sebaiknya segera melakukan perpanjangan SIM di Polres terdekat atau melalui unit-unit mobil perpanjangan SIM Keliling. (Bobotoh.ID/RCK).

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.