BAHAYA ! ‘MICEUN’ SAMBIL NYOO HANDPHONE !

Buang ari besar (BAB) sambil bermain handphone, membaca atau meroko memang sudah menjadi kebiasaan sebagian manusia di dunia. Mungkin sebagian bobotoh pun ada yang melakukannya. Tapi apakah bobotoh tahu jika hal itu berbahaya ?!

Selain membuang waktu, BAB yang baik seharusnya dilakukan 10 hingga 15 menit saja. Seperti dikutip dari Prevention, Selasa (14/6/2016) Gregory Thorkelson, MD seorang psikiater di Departemen Gastroenterologi, Hepatologi, dan Nutrisi di University of Pittsburgh, lebih dari itu dipastikan Anda mengalami masalah sembelit.

Lebih lanjut Thorkelson mengatakan jika tidak ada dorongan BAB sebaiknya jangan ke toilet untuk BAB. Karena akan cenderung BAB dengan mengejan yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah disekitar anus hingga menyebabkan pendarahan di anus (anus). Apalagi saat fokus buang kotoran teralih pada membaca koran atau ponsel. Gelombang peristaltik terjadi di dalam usus, secara progresif berkontraksi berirama menggerakan tinja hingga menimbulkan dorongan untuk BAB. Tinja akan terdorong untuk keluar dari anus, hingga Anda merasakan dorongan untuk melepasnya.

Ieu Rame Lur : Akan Ada ‘Stadion Siliwangi’ Di Tonggong Derry !

Thorkelson menjelaskan, jika tidak langsung BAB, maka kita akan mengalami proses yang disebut reverse peristaltik, di mana tinja kembali masuk ke dalam usus. “Hal ini dapat membuat kotoran menjadi lebih keras dan berakibat sembelit. Semakin keras dan mengering tinja semakin sulit untuk keluar,”tambahnya.

Jika ada dorongan, segeralah membuangnya. Jangan ditunda, dan cukup 10-15 menit saja. Ini dapat membantu mengurangi peristalik dan memperlambat gerakan perut. Sehingga ketika berada di dalam pesawat, tubuh anda akan terbiasa dan membantu menahan. (bobotoh.id/HL/Liputan6.com)

[socialpoll id=”2366397″]


[socialpoll id=”2366718″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.