CERITA FANS BORRUSSIA DORTMUND YANG PRIHATIN KA PERSEBAYA & BONEK!

Permasalahan tim kebanggaan masyarakat Surabaya, Persebaya Surabaya terdengar hingga negeri Jerman. Seorang suporter klub Borrussia Dortmund, Tobias Enkel mengutarakan empatinya terhadap permasalahan tersebut.

Seperti yang diketahui, tim Persebaya Surabaya meredup eksistensinya dari persepakbolaan Indonesia seiring dengan ketidakikut sertaannya pada beberapa kompetisi dan turnamen bergengsi di Indonesia. Bahkan, klub yang bermarkas di daerah Tambaksari, Surabaya ini pun seolah didzolimi oleh induk sepak bola Indonesia, PSSI. PSSI menganggap bahwa tim Persebaya yang asli adalah tim yang kali ini bernama Bhayangkara Surabaya United. Sehingga, Persebaya Surabaya 1927 yang merupakan Persebaya yang asli pun tidak diakui keberadaannya oleh PSSI dan menyebabkan klub kesayangan Bonek ini meredup.

Kabar tersebut terdengar oleh seorang fans Borrussia Dortmund, Tobias Enkel. Pria yang akrab disapa Tobby ini mengaku telah mengetahui permasalahan tersebut sejak lama. Dirinya pun mengaku telah banyak mengetahui tentang sepak bola Indonesia.

Ieu rame lur: CEUK KOMANDAN VIKING, PELATIH IEU YANG COCOK GANTI DEJAN!

Tobby yang sering berkeliling dunia untuk mengetahui kultur sepak bola di suatu negara ini pun berharap untuk masalah Persebaya Surabaya terselesaikan agar Bonek bisa mendukung tim kesayangannya.

“Ya, saya mengetahui tentang masalah Persebaya melalui internet, saya berharap Bonek bisa kembali mendapatkan tim Persebaya nya, hal tersebut menurutku sangat buruk untuk Bonek,” ujar Tobias kepada Bobotoh.id.

“Saya mengetahui hal tersebut dimulai dari kurang lebih lima tahun yang lalu, ketika Persebaya bergabung ke LPI dan ada seseorang yang membeli klub dari Kalimantan lalu memindahkannya ke Surabaya dan memakai nama Persebaya,” jelasnya.

Tobby pun berencana untuk datang ke Indonesia dan merasakan kultur sepak bola Indonesia terutama di Bandung. Dirinya pun mengaku akan menonton langsung pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada tanggal 18 Juli mendatang.

tobias1

(Tobias Enkel, kanan)

(Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.