FLY OVER ANTAPANI MULAI DIBANGUN, NAON CIK KEISTIMEWAANNYA?

Warga Bandung Timur, terutama pengguna kendaraan yang sering melintasi Antapani – Jalan Jakarta, mendapat ‘hadiah’ dari pemerintah Kota Bandung. Hadiah tersebut berupa jalan layang atau fly over Antapani yang baru tadi pagi, Jumat 10 juni 2016 dilakukan peletakan batu pertama pembangunannya.

Apa keistimewaan fly over Antapani ini? Pembangunan jalan layang Antapani misalnya yang seharusnya memakan waktu 2 tahun dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar, bisa ditekan menjadi 6 bulan dan Rp 35 miliar. Panjang jalan layang Antapani sekitar 300 meter dengan bentang 22 meter.

IEU RAMÉ LUR: IEU JADWAL EURO 2016! KUMPLIT!!!

Hal ini dimungkinkan dengan digunakannya corrugated mortar pusjatan (CMP).Teknologi CMP mengganti komponen batuan dengan busa sehingga bisa mengambang tetapi dipastikan tidak mengurangi kekuatan konstruksi.

Seperti diberitakan oleh pikiran-rakyat.com, Pemerintah Kota Bandung berharap flyover Antapani akan menjadi sebagai proyeksi percontohan aplikasi teknologi mortar. Dengan demikian bisa diterapkan untuk pembangunan lainnya. Teknologi ini mampu menekan anggaran dan waktu pengerjaan sampai setengah dari pengerjaan biasa.

Adapun keberadaan fly over antapani ini diharapkan menjadi solusi bagi kepadatan dan kemacetan lalu lintas di wilayah tersebut. Karena Jalan Jakarta Antapani merupakan satu-satunya pintu dari berbagai jalur baik dari Antapani, Arcamanik, Cicadas, dan Kiaracondong. (Bobotoh.id/RCK. Foto: FP Ridwan Kamil)

[socialpoll id=”2361797″]


[socialpoll id=”2365506″]

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.