FOTO BUDAK LEUTIK IEU SELALU DIBAJAK SAAT RAMADHAN !

Bobotoh pernah lihat foto ilustrasi Ramadhan dimana seorang anak kecil tengah menunggu waktu berbuka puasa dengan berbagai macam jenis makanan dan minuman didepannya ?! Ya itu adalah Rakean Ahmad Zayyid Ardhi. Fotonya laris dibajak setiap bulan Ramadhan. Gara-gara hal itu fotografer yang sekaligus ayahnya, mendapat ‘pekerjaan’ baru yaitu memantau foto-foto anaknya di dunia maya.

“Memantau sejauh mana foto Kean dicomotin orang,” ujar Yogi Ardi seperti dikutip Tempo.co

Menurut Yogi, foto hasil karyanya itu digunakan tanpa izin oleh banyak situs, blog, berita online, dan media sosial. Peredaran foto yang dibajak itu juga meluas ke acara televisi, koran terbitan Bandung, grup media, tabloid kuliner, rumah sakit, sekolah, serta kedutaan besar negara luar. Yogi bahkan menyampaikan keberatannnya jika melihat foto tersebut terpampang di situs yang tergolong besar. Yogi meminta untuk menyebutkan sumber foto dengan akurat, ia menyertakan tautan resmi asal foto. Cara lain ialah menelepon dan menyurati kantor media yang pernah mencetaknya tanpa izin.

Ieu Rame Lur : Rumah Makan Tony Sucipto Hanya Nyadiakeun Ieu Selama Ramadhan !

“Kata teman sekantor, foto itu sudah seperti iklan sirup yang muncul setiap bulan puasa,” kata Fotografer Republika itu.

Khusus untuk website keagamaan, Yogi merelakannya. Dia tidak mengotot mengejar pemakainya dan menuntut pelanggaran hak cipta. “Hanya dianjurkan tetap mencantumkan sumber autentik foto,” ujarnya.

Yogi mengambil foto tersebut pada 7 Juli 2011 di rumahnya. (bobotoh.id/HL/tempo)

[socialpoll id=”2327082″]


[socialpoll id=”2365513″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.