IEU ALESANANA KITA HARUS BERBUKA PUASA DENGAN KURMA!

Pada saat bulan Romadhon, kita terbiasa menyantap hidangan berbuka puasa atau ifhtor (yang dalam budaya Indonesia disebut dengan ta’jil) berupa makanan yang manis-manis. Kita mengenal berbagai macam kolak, buah-buahan, dan minuman manis. Sebagian ulama berpendapat bahwa makanaan manis itu di-qiyas-kan untuk menjadi makanan pembuka untuk mengganti kurma.

Nah sedangkan untuk kurma sendiri, memang sangat disunahkan oleh Rosululloh SAW. Seperti diriwiyatkan oleh “Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk.”

Nah kenapa Rosululloh berbuka dengan kurma? Ternyata saat berpuasa, asupan energi dalam tubuh akan berkurang 20% hingga 30%. Di saat berbuka, tubuh perlu asupan gula yang dapat segera diserap tubuh untuk menggantikan asupan energi yang kurang. Ternyata buah kurma memiliki kandungan gula sangat tinggi. Dalam per 100 gram buah kurma, terdapat 70 sampai 73 persen gula.

Penyerapan gula dari buah kurma oleh tubuh juga cukup cepat. Sekitar 45 sampai 60 menit saja, kalau dibandingkan daya absorpsi pati pada nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. ltu sebabnya, buah kurma disebut-sebut sebagai makanan yang bisa membuat badan kita kembali bugar setelah berpuasa, dalam waktu relatif singkat.

IEU RAMÉ LUR: DI NAGARA IEU MUSLIM TEU MEUNANG BERPUASA!

Seperti diberitakan dalam hai-online.com, kurma juga mengandung vitamin yang cukup tinggi. Pada 100 gram buah kurma mengandung vitamin A sebesar 50 IU, tiamin 0,09 mg, ribofalvin 0,1 mg, dan niasin 2,20 mg. Selain itu, ada juga vitamin D, E, K, dan lemak baik yang terkandung dalam buah kurma. Semua vitamin ini, nih, yang dapat meningkatkan kebasaan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tidak mengolah makanan dan minuman!

Buah kurma juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti magnesium dan kalium. Magnesium berfungsi membantu fungsi saraf dan otot, termasuk pengaturan irama jantung agar tetap normal. Pada 100 gram buah kurma terdapat sekitar 34 miligram magnesium.

Nah Bobotoh, tunggu apa lagi. Sebelum waktu berbuka tiba, mari kita siapkan kurma untuk berbuka. Bila tidak ada, air putih akan segera mengembalikan kesegaran tubuh kita. Baru deh kita makan makanan yang lain. Dan jangan lupa baca doa berbuka puasa ya. (Bobotoh.id/RCK).

 

[socialpoll id=”2365502″]


[socialpoll id=”2365513″]

 

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.