UNTUK MENGLEUNGITKAN TATTO PERLU BERAPA KALI LASER? IEU CEUK DOKTER!

Tatto tidak bisa hilang 100 persen. Kalau tatto warna hitam, masih tersisa 5-10 persen. Sedangkan tatto warna warni seperti merah, oranye, itu sisanya bisa 30 persen. Tetapi hanya samar saja terlihatnya,” kata Suksmagita Pratidina, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Dokter yang dipanggil Gita itu mengatakan bila pigmen tatto tidak bisa dihancurkan oleh kulit, sehingga butuh bantuan laser untuk menghancurkan pigmen tersebut. Laser akan menembakkan gelombang panas ke dalam kulit, kemudian menghancurkan pigmen tatto menjadi partikel yang sangat kecil di kulit atau seperti debu. Ketika sudah jadi partikel kecil, baru bisa dihilangkan oleh kulit.

IEU RAMÉ LUR:  CAN PERNAH MENANG ANGGER HARUS SETOR KE MANOR!

“Bisa diambil sel makrofak, itu seperti sel dalam kulit yang membuang sampah-sampah dan bisa hilang di saluran limfatik,” terang Gita pada Kompas.com.

Gelombang panas yang ditembakkan ke dalam kulit pun bervariasi, mengikuti kedalaman pigmen tatto yang dipasang. Penggunaan laser akan lebih mudah jika tatto dibuat oleh orang profesional. “Tatto profesional mengatur kedalaman pigmen sama rata. Kalau yang engga profesional berbeda-beda kedalaman pigmen tattonya,” kata Gita.

Selain itu, pemberian gelombang panas dari laser juga disesuaikan dengan warna kulit pasien. Misalnya, pasien dengan kulit putih akan mendapat energi laser lebih ringan dibanding kulit cokelat. Hal ini untuk menghindari pemberian energi berlebihan yang dapat merusak pigmen kulit asli.

Gita mengatakan, untuk menghilangkan tatto secara maksimal diperlukan minimal 4 kali laser. Dalam satu kali laser, warna tatto sudah berkurang 20-30 persen. Jeda pemberian laser pertama dan kedua pun cukup lama, yaitu minimal setelah 1 bulan. Ini karena mengikuti siklus pergantian kulit 28 hari sekali.(Bobotoh.id/RCK).

[socialpoll id=”2359759″]


[socialpoll id=”2366877″]

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.