CARITA TENTANG PERSIB & SIDOLIG-NYA !

Persib merupakan klub terbesar yang menjadi kebanggaan Jawa Barat, memiliki suporter hampir seluruh warga Jawa Barat, dari anak kecil hingga orang dewasa pun tak luput untuk mendukung klub yang sekarang menjadi ikon Kota ini

Lahir 13 Maret 1933 membuat  memiliki sejarah panjang di kancah sepak bola tanah air. Di sepak bola profesional mereka tercatat sebagai klub sepak bola yang pertama kali menjuarai Liga Indonesia 1 pada tahun 1994-1995, gelar Indonesia Super League (ISL) dan Piala Presiden pun mereka raih pada tahun 2015.

Bukan hanya prestasi dan bobotohnya, saksi sejarah lainnya yang dimiliki adalah stadion Sidolig yang merupakan ‘markas’ mereka saat ini.
Aroma Pangeran  sudah terasa di luar stadion yang berada di Jalan Ahmad Yani Bandung. Banyak toko-toko yang menjual atribut Persib dari jersey sampai atribut lainnya menjadikan setiap orang yang ingin ke Sidolig sekalian belanja atribut Maung Bandung.

Melihat kebelakang, Sidolig sendiri merupakan singkatan dari Sport in de Openlucht is Gezond yang berdiri pada jaman kolonial Belanda yakni tahun 1903 yang merupakan sekolah sepak bola yang didirikan oleh orang-orang Belanda yang dikenal dengan Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO). Belum ada mess di Sidolig saat itu, hanya ada tribun yang berkapasitas sekitar 1000 orang dan stadion hanya bisa di pakai pada waktu pagi sampai sore hari.

Setelah 30 tahun berdirinya Sidolig, barulah tim asal Kota Bandung yaitu Persib mulai didirikan, tepatnya pada tahun 1933. Sejak saat itu sarana dan prasarana mulai di bangun, dari mes Persib hingga lampu penerangan stadion pun dibuat untuk para pemain berlatih dan beristirahat. Maka dari itu, Sidolig hingga saat ini menjadi markas bagi klub .

“Waktu itu Persib belum ada, setelah 30 tahun berdiri Sidolig barulah Persib didirikan dan sejak saat itu sarana dan prasarana di Sidolig mulai dari mes hingga lampu untuk stadion di bangun, dan pemainnya pun asli Jawa Barat”, ujar Dana selaku pengelola Stadion Sidolig.

Ieu Rame Lur : Tanggapan Netizen Tentang Ruksakna GBLA !

Sejak stadion tersebut menjadi markas Persib, maka SSB Sidolig yang awalnya berlatih disana harus berpindah tempat latihan yang terletak di Komp Seskoad Jalan Gatot Subroto.

yoga_sidolig2

Dari era perserikatan hingga saat ini, tidak ada perubahan yang signifikan dari bangunan-bangunan yang ada di Sidolig hanya sebagian saja yang di renovasi. Mess sendiri terletak di sebelah kanan pintu masuk stadion Sidolig yang hanya beberapa meter dari lapangan tempat para pemain untuk berlatih. Di depan mess juga terdapat bangunan yang dimana bangunan tersebut dijadikan tempat atau kantor bagi pihak pengelola Stadion atau lainnya.

“Dulunya kantor pengelola stadion ini belum ada, tapi pas mess  dibangun barulah kantor pengelola ini dibangun supaya stadion ini terjaga dengan baik”, pungkasnya.

Seiring berjalannya waktu, Stadion Sidolig ini berganti nama menjadi Stadion Persib dan menjadikan Stadion ini sebagai markas dari tim yang bejuluk . Maka dari itu tim Persib tidak lepas dari yang namanya sejarah. (.id/Yoga Mulyana/JOB)

[socialpoll id=”2354302″]


[socialpoll id=”2375054″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.