MAUNG BUKAN MACAN! IEU BEDANYA!

Banyak yang menganggap harimau atau maung itu sama dengan macan. Padahal dua binatang buas ini berbeda jenis walau bentuknya mirip. Harimau (Panthera tigris) termasuk dalam kelompok mamalia atau kucing yang berukuran besar dengan spesies tigris.

Ciri khas maung secara fisik adalah loreng di tubuhnya. Ukuran badannya lebih besar dari macan serta tidak dapat memanjat pohon. Ukuran panjang mencapai dua meter dengan berat bisa mencapai 200 kg.

IEU RAMÉ LUR: BOBOTOH MAUNG BANDUNG? YU MIKAWANOH HARI MAUNG SEDUNIA!

Sedangkan macan atau leopard atau Panthera pardus perawakannya lebih kecil daripada harimau. Panjangnya dari 95 cm hingga 150 cm dengan berta bisa mencapai 150 kg. Pada tubuhnya terdapat bintik-bintik atau totol berwarna hitam. Macam kumbang yang berwarna hitam sebetulnya sejenis macan tutul yang berwarna kuning keemasan atau oranye dengan bintik hitam. Hanya saja macan kumbang berbulu hitam sehigga bintiknya tidak terlihat.

Macan dapat memanjat pohon terutama jenis Macan dahan (Neofilis nebulosa). Tubuhnya yang lebih ramping dibanding harimau serta ekornya yang lebih panjang memungkinkan macan menaiki pohon.

Di pulau Jawa dan Bali, Harimau sudah dianggap punah. Sempat ada rumor tentang jejak harimau Jawa di pegunungan Merapi -Merbabu tapi hingga hari ini belum dapat dibuktikan keberadaannya.

Macan tutul jawa atau Panthera pardus melas adalah binatang khas Jawa Barat yag terancam punah. Binatang ini diperkirakan berada di hutan-hutan di sekitara Jawa Barat. MIsalnya di Gunung Sawal Ciamis serta sekitar pegunungan Patuha, Bandung Selatan. (Bobotoh.id/RCK: Foto: Wikipedia)

[socialpoll id=”2377585″]


[socialpoll id=”2377847″]

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.