BUPATI PURWAKARTA JADIKAN “NYI RORO KIDUL” PASKIBRAKA!

Fenomena baru dalam dunia protokoler pemerintahan dilakukan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Ada yang berbeda upacara bendera yang dilakukan paskibra dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 itu. Tampak seorang wanita berpakaian serba hijau atau yang sering disebut “Nyi Roro Kidul” yang datang menyerahkan bendera Merah Putih kepada Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Runtutan protokoler di Purwakarta ini resmi diubah per tahun ini. Dedi sengaja mengubahnya untuk mengembalikan kultur merah-putih kepada akar kebudayaan dan tradisi bangsa Indonesia.

Ieu rame lur: KOMANDAN VIKING: BOBOTOH HARUS PERJUANGKAN PERSIB BISA MAÉN DI GBLA!

Adapun korelasinya dengan Nyi Roro Kidul, Dedi mengatakan bahwa Nyi Ratu adalah sosok ibu penjaga sehingga salah besar jika sosok Nyi Ratu Kidul ini dimistifikasi oleh sebagian kalangan.

“Ingat enggak dulu saat pertama kita lahir, orangtua kita membuat bubur merah dan bubur putih saat memberi kita nama. Jadi kedua warna ini akrab dengan manusia Indonesia,” ujarnya dalam keterangan pers dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/8/2016).

“Kenapa merah-putih itu saya peroleh dari sosok Nyi Ratu Kidul? Karena Ratu Kidul ini kan simbol penjaga laut. Maka mereka yang merusak laut itu tidak memiliki jiwa nasionalisme. Saya pernah katakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, itu Nyi Ratu Kidul karena dia berani mengebom kapal-kapal pencuri kekayaan laut Indonesia,” ujarnya. (.id/RF/Kompas)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.