CIKOPI HIDEUNG DAPAT REDAKAN STRESS & DEPRESI!

Indonesia adalah salah satu surga kopi dunia. ‘Java’ adalah istilah untuk kopi berkualitas tinggi yang diproduksi di pulau Jawa, tepatnya di tatar Sunda. Pada masa culturstelseel atau tanam paksa di abad ke-18, pemerintahan kolonial Hindia Belanda mewajibkan masyarakat Tatar Priangan untuk menanam kopi. Kopi menjadi komoditas bernilai tinggi di Eropa masa itu.

Semenjak itu nama ‘java’ mendunia untuk kopi yang enak dan berkualitas. yang akrab dengan komputer mengenal istilah ‘Java’ sebagai bahasa pemrograman yang dibuat Oracle Sun Microsystem. Maka akan mengerti mengapa ‘Java’ berlambang secangkir kopi panas.

IEU RAMÉ LUR: 7 BAHAYA NYESEP ROKOK ELEKTRIK!

Nah tahukah Bobotoh, kopi dapat meredakan stress bahkan depresi? Seperti dikutip dari Kompas.com, peneliti dari Harvard University menemukan bahwa orang yang minum dua hingga empat cangkir kopi hitam per hari hanya memiliki setengah kemungkinan untuk meninggal akibat bunuh diri.

Bahkan, jika seseorang tidak berisiko untuk bunuh diri, temuan ini memang membuktikan bahwa kopi dapat mengurangi gejala depresi. Caranya cara memicu pelepasan endorfin yang mirip dengan obat antidepresan.

Namun patut dicatat kopi yang diminum adalah hanya kopi hitam rendah gula. Bukan kopi manis, kopi susu, atau kopi yang mengadung krim. Juga bukan kopi berlabel ‘bebas kafeine’ yang biasa dijual dalam kemasan sachet.

Nah Bobotoh, seperti kata Mang Ohim di Bobotoh.id, mari kita ngopi. #BudayakeunKopiHideung! (Bobotoh.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.