REGULASI ISC NU MANA YANG MENGHARUSKAN PELATIH LISENSI A AFC?

Pernyataan Joko Driyono yang memberikan tenggat pada klub untuk mengganti pelatih sesuai regulasi ISC A cukup menghebohkan Bobotoh. Pasalnya Pelatih Kepala Persib Bandung saat ini, Djadjang Nurdjaman, ditengarai terancam lengser bila regulasi itu harus diijalankan secara utuh.

Pasalnya Djadjang Nurdjaman yang telah membawa 4 piala selama melatih Persib dari tahun 2013, terutama Piala Liga Indonesia/ISL ditengarai belum memiliki lisensi sesuai yang peraturan ISC. Apalagi Djanur, demikian panggilan akrabnya, juga baru masuk menggantikan pelatih sebelumnya, Dejan Antonic yang berlisensi UEFA PRO.

IEU RAMÉ LUR: DJANUR TERANCAM LENGSER (DEUI) DARI PERSIB?

Dalam dokumen REGULASI ISC 2016, secara khusus tidak ada bab atau pasal khusus yang membahas kriteria lisensi pelatih. Regulasi lisensi pelatih ISC hanya tercantum pada Bab V Pasal 37 ayat e huruf i mengenai Dokumen Pendaftran Ofisial.

Untuk lebih jelasnya, redaksi Bobotoh.id mengutipkan keseluruhan pasal 37 tersebut dan menebalkan regulasi yang dimaksud Joko Driyono.

Pasal 37 Dokumen Pendaftaran Ofisial
1. Ofisial harus terdaftar dalam sistem administrasi GTS yang dilakukan secara online dengan dilengkapi dokumen sebagai berikut:
a. formulir pendaftaran Ofisial;
b. salinan (sesuai dengan asli) Kartu Tanda Penduduk (untuk Ofisial lokal) dengan masa berlaku sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
c. salinan berwarna (sesuai dengan asli) passport (untuk Ofisial asing) dengan masa berlaku minimal 24 bulan;
d. salinan (sesuai dengan asli) kontrak kerja antara Klub dan Ofisial;
e. dokumen pendukung terhadap kualifikasi atau status kerja sesuai dengan jabatan sebagai berikut:
i. pelatih kepala: sekurang-kurangnya sertifikat AFC “A“ Coaching atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC;
ii. asisten pelatih: sekurang-kurangnya sertifikat AFC “B“ Coaching atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC;
iii. manajer tim: kontrak kerja (full time);
iv. media officer: ijazah sesuai dengan kualifikasi media atau komunikasi dan kontrak kerja (full time); dan
v. dokter tim: ijazah sesuai dengan kualifikasi kedokteran.

Djanur sebetulnya tengah mengambil kursus kepelatihan lisensi A AFC usai membawa Persib Bandung juara ISL 2014. Namun sebelum selesai, Indonesia terlanjur mendapat sanksi FIFA akibat intervensi negara ke tubuh PSSI pada tahun 2015. Akibat sanksi tersebut, Indonesia tidak mendapat dukungan apapun dari FIFA sampai sanksi tersebut dicabut pada bulan Mei 2016 yang lalu. (Bobotoh.id/RCK)

[socialpoll id=”2371058″]


[socialpoll id=”2355902″]

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.