REPUBLIK MAUNG: KE STADION ITU PASSION BUKAN FASHION!

Edwin Kurniawan

Hasil imbang didapat Maung Bandung kala menjamu si Biru dari Timur. Permainan menyerang dan atraktif  Maung Bandung sore itu tidak mampu membuat gawang Arema Cronus bergetar.

Hasil imbang itu di luar ekspetasi mengingat Bobotoh berharap Persib bisa bisa memberi kemenangan sebagai ajang pembalasan kekalahan di dua turnamen sebelumnya. Bagi saya pribadi hasil imbang di kandang adalah sesuatu kekalahan. Kekalahan ini juga bermaksud kepada kita semua yang ada di tribun.

Kita kalah, kita gagal, kita tidak bisa menjatuhkan mental tim tamu di kandang Maung!

Ini bukan menerima kenyataan atau tidak tentang hasil imbang. Tetapi dengan disaksikan dan didukung oleh puluhan ribu Bobotoh langsung di stadion seharusnya menjadikan motivasi lebih kepada pemain Persib dan menjadi ‘pressure’ tekanan untuk tim tamu. Sehingga kemenangan adalah sesuatu yang harus dan wajib didapat di laga kandang.

Tapi memang semua pasti tidak semudah itu. Akan selalu ada kalah, menang ataupun seri. Tetapi yang harus diketahui pemain Persib Bandung adalah “Menang Kami Bangga, Kalah Kami Setia, Imbang kami Percaya!”

IEU RAME LUR: CIKOPI HIDEUNG DAPAT REDAKAN STRESS & DEPRESI!

Sebagai Bobotoh pun seharusnya kita harus tahu tujuan utama datang ke stadion. Bukan untuk sekedar berteriak ‘goooool’, bukan untuk sekedar foto-foto, bukan untuk sekedar duduk-duduk. Banyak taman dan cafe yang nyaman di Kota Bandung, tetapi bukan di stadion! Banyak tempat-tempat bagus di kota Bandung untuk diabadikan dalam sebuah foto, tapi bukan di stadion!

Tolong ingat kembali tujuan kita datang ke stadion, untuk apa dan untuk siapa kita datang?  Kecintaan ini lebih dari sekedar fashion, ini tentang passion! Silahkan duduk, silahkan berfoto tetapi teriakan dan nyanyian jangan pernah hilang!

Saat kita mengharuskan pemain bermain dengan penuh semangat, berarti saat itu pula kita pun harus berteriak dan bernyanyi lantang untuk membakar semangat mereka. Saat suasana tribun sepi dengan kurang lantangnya teriakan dan nyanyian, maka saat itu pula semangat pemain tidak maksimal.

Yang harus kita percaya adalah dalam suatu lingkungan itu banyak yang bisa menular. Termasuk semangat kita di tribun yang pastinya akan memberikan dorongan positif untuk mereka yang kita dukung serta akan membuat jatuh mental tim tamu di lapangan.

Saat kita ingin para pemain bermain dengan penuh semangat, maka kita pun harus dengan penuh semangat di tribun!

Bukan bermaksud mengatur setiap orang yang datang ke stadion. Kita semua punya hak sepenuhnya untuk apa di sana. Tetapi memang perlu kita ingat lagi, ini soal passion yang harus kita tunjukan di tribun untuk mendukung Persib Bandung!

Mari bersatu di bawah nama Persib Bandung!
Timur, utara, selatan dan barat, mari berikan dan tularkan semangat kita untuk Maung Bandung!
Satu suara, satu komando untuk Persib Bandung!

Sampai bertemu di pertandingan selanjutnya, di sepakbola yang penuh aturan ini!

Luapan semangat Edwin Kurniawan yang berkhidmat di akun @ultras33bogor

Redaksi mengundang  Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan sepanjang 1-2 halaman Microsoft Word atau 250-500 kata ke email idbobotoh@gmail.com.
Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas setiap tulisan yang ditayangkan di rubrik Republik Maung ini dengan tidak mengurangi atau menambah esensinya.
Tulisan tidak harus sependapat dengan kebijakan redaksi sepanjang tidak menyinggung unsur SARA dan bernada hasutan/provokasi.

Cara Bobotoh mendukung Persib

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.