SERGIO VAN DIJK DAN PERIHAL KEWARGANEGARAAN !

Sekarang tema live facebook kita hari ini bersama saya Eko Maung adalah tentang karena ini kan lagi ramai tentang ganda yang dimiliki mantan sempet menjadi Menteri ESDM selama dua minggu dan akhirnya diberhentikan oleh Bapak Presiden.

Lalu kenapa tentang kewarganegaraan ini bisa nyambung ke ?

Saya akan menghubungkannya dengan kewarganegaraan , jadi masalah kewarganegaraan ini sempat mencuat dikalangan Bobotoh ketika proses Sergio Van Dijk beberapa tahun lalu.

Jadi sempet rame banget waktu itu Sergio Van Dijk mau dinaturalisasi ada spekulasi-spekulasi tapi akhirnya Sergio bisa menjadi warga Indonesia.

Nah, pertama-tama kita harus paham dulu konsep kewarganegaraan, jadi menurut undang-undang (UU) tentang kewarganegaraan hanya ada satu kewargannegaraan yang diakui Negara Republik Indonesia jadi kalau ada beberapa negara yang mengakui kewarganegaraan ganda kalau di Indonesia tidak bisa jadi Indonesia hanya mengakui satu kewarganegaraan untuk satu orang.

Untuk menentukan status kewarganegaraan orang ini ada dua prisnsip, yang pertama adalah prinsip ius soli dan yang kedua adalah ius sanguinis.

Kalau yang pertama, ius soli itu adalah prinsip menetapkan kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat kelahiran.

Nah yang kedua adalah prinsip ius sanguinis adalah menetapkan kewarganegaraan seseorang berdasarkan garis darah atau keturunan misalnya kalau orang tuanya Perancis ya mau lahir di manapun dia tetap berkewarganegaraan Perancis mau lahir di Garut, Sumedang selama orang tuanya berkewarganegaraan Prancis dia dianggap orang Perancis.

Berikutnya kita ingin mengetahui tentang seseeorang bagaimana untuk bisa menjadi waga negara Indonesia?

Ada persyaratannya, jadi maksud saya kalau ada orang asing yang ingin menjadi warga negara Indonesia itu ada persyaratanya, yaitu selama lima tahun menetap berturut-turut di Indonesia jadi harus lima tahun berturut-turut dan tidak boleh bolong-bolong atau 10 tahun tidak berturut-turut nah jadi ada dua yang pertama lima tahun berturut-turut dan 10 tahun tidak berturut-turut.

Bisa juga kewarganegaraan Indonesia itu ditetapkan oleh Presiden melalui Peraturan Presiden (Perpres) Seseorang mendapatkan hak ini misalkan memiliki keistimewaan terkait jasa atau keahlian yang bisa berguna dan bisa membantu negara Indonesia dalam berbagai hal.

Nah, Sergio Van dijk tentunya dia memenuhi syarat ini, dia diangkat karena dianggap memenuhi syarat jadi karena ketermpilan sepak bolanya ini juga berlaku bagi Cristian Gonzalez jadi karena keahliannya di bidang sepak bola dan dianggap bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia maka Sergio diangkat atau ditetapkan oleh Presiden menjadi warga Indonesia dengan meminta persetujuan DPR RI.

Pokonya kemarin itu clear terkait Sergio Van Dijk bukan karena ada faktor politis bukan karena bekingnya kuat tapi karena emang memenuhi syarat jadi nggak terkendala.

Mungkin itu sedikit pencerahan dari saya tentang kewarganegaraan Sergio Van Dijk semoga bermanfaat. (Bobotoh.id/Eko Maung/FD)

[socialpoll id=”2381336″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.