GOOGLE DOODLE POÉ IEU: ASÉP SUNANDAR SUNARYA!

Google Doodle pada hari ini, Sabtu 3 September 2016 kembali memberi kejutan dengan ‘doodle’nya yang mengambil tokoh Indonesia. Bahkan tokoh ini adalah tokoh yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Sunda.

Ya, doodle hari ini menyajikan tokoh terkenal, seorang dalamh kreatif yang membawa banyak inovasi dalam dunia pedalangan di Tatar Sunda, bahkan di Indonesia. Ia adalah almarhum Asep Sunandar Sunarya.

IEU RAME LUR: DIWARNAI ‘PENYELAMATAN’ HAMKA, AREMA KUSRUKKAN MU!

Asep Sunandar Sunarya lahir pada 3 September 1955 dengan nama Asep Sukarna, putra Abah Sunarya dan Ibu Cucun. Darah seni mengalir deras dari ayahnya, Abah Sunarya yang juga dalang terkenal.

Asep Sunandar Sunarya juga adalah seorang . Ia kerap terlihat di Stadion Siliwangi untuk menyaksikan pertandingan , terutama di masa Perserikatan.

Sebagai seorang inovator, Asep Sunandar Sunarya tidak alergi dengan kritik. Asep Sunandar Sunarya menyadari bahwa menjadi seorang kreatif, menjadi seorang inovatif memiliki banyak tantangan.

Oleh karena itu ia mengatakan, sperti dikutip dari Wikipedia, “kuring ogé kudu méré atawa nyadiakeun lolongkrang pikeun saha waé anu miboga pamadegan anu teu sajalan jeung pamanggih kuring, mangga téh teuing. Teu aya guna jeung manfaatna mutuskeun silaturahmi alatan pakem jeung hal séjén anu sifatna multitafsir,”

(Saya juga memberi ruang bagi siapa saja yang berbeda pendapat dengan saya. Tidak ada gunanya memutuskan silaturahmi karena pakem dan hal-hal lain yang sebetulnya bersifat multi tafsir).

Asep Sunandar Sunarya meninggal di Bandung, Jawa Barat, 31 Maret 2014 pada umur 58 tahun dengan meninggalkan inovasi dalam pewayangan yang banyak digunakan dalang lain. Selain medalang menjelang akhir hayatnya ia juga menjadi pendakwah. Suatu hal yang sering dilakukannya dalam cerita-cerita pewayangannya.

Sebagai kenangan atas jasa Asep Sunandar Sunarya, redaksi Bobotoh.id pilihkan satu cuplikan dakwah Asep Sunandar Sunarya yang terdapat dalam situs Youtube.(Bobotoh.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.