POLLING: INI CARA 2500+ BOBOTOH MENGDÉKÉNG PERSIB!

Banyak cara yang bisa dilalukan para untuk mendukung tim kesayangan kita semua. Ada yang mengekspresikannya dengan mendukung langsung di stadion setiap kali bertanding.

Ada yang cukup dengan menonton televisi, ada juga yang dengan cara membeli merchandise atau pernak-pernak berbau Persib. Baik itu jersey orisinil (player issues) hingga jersey non-original alias palsu alias KW.

IEU RAME LUR: REPUBLIK MAUNG: BOBOTOH.ID MENGRUKSAK BAHASA SUNDA? IEU KATA BUDAYAWAN!

Bobotoh.id membuat sebuah polling sederhana dengen memberi pertanyaan kepada para pembaca setia Bobotoh.id. Pertanyaannya adalah “Bobotoh, bagaimana cara Bobotoh mendukung PERSIB BANDUNG?”.

Adapun opsi jawaban yang disediakan adalah:
#1 Beli Merchandise Persib Ori atau KW 199
#2 Nonton langsung ke Stadion, Mang Ohim! 675
#3 Nonton di TV ajah 599
#4 Tiga jawaban di atas Mang cara si Aku mah…. 1032

Sampai tulisan ini diturunkan, ada 2500+ pembaca yang turut mengisi polling sederhana tersebut. Menariknya ternyata 1032 orang lebih atau 41,2% Bobotoh mendukung Persib dengan melakukan ketiganya. Selain ke stadion, mereka juga menonton televisi, dan membeli merchandise yang berbau Persib Bandung.

Sedangkan yang menyatakan menonton di stadion ada sekitar 675 orang atau 27% dari 2505 Bobotoh. Sedankan yang hanya bisa menonton di televisi ada 599 orang atau 24%.Menariknya yang mendukung Persib dengan membeli merchandise Persib hanya 199 orang atau 7,8% nya saja!

Pooling ini memang tidak merepresentasikan seluruh Bobotoh, dan juga bukan suatu polling yang sainstifik dan terukur.Tetapi polling ini cukup menggambarkan bahwa tingkat loyalitas para Bobotoh kepada Persib sangat besar.

Bahkan tidak segan mengorbankan banyak uang untuk mendukung kesebelasan yang mereka cintai itu. Karena pasti untuk ke stadion dan membeli merchandise, memerlukan sejumlah uang.

Sedangkan para Bobotoh layar kaca atau Bonjovi (Bobotoh Nu Lalajo dina tivi) juga menyumbang uang yang tidak sedikit untuk Persib. Berdasar rilis dari operator ISC, Persib Bandung memiliki tingkat rating share televisi tertinggi selama ISC. Yakni 34,75 di mana angka tersebut menyumbangkan pemasukan sejumlah Rp. 2,34 miliar kepada Persib Bandung selama putaran I saja!

Namun tentu saja kita sebagai Bobotoh juga harus tetap kritis kepada Persib Bandung. Harus tetap memberikan masukan yang membangun. Karena seperti kata para Bobotoh yang diungkapkan di sosial media: ulah pride teuing, bisi diduitkeun! (Bobotoh.id/RCK)

POLLING-BOBOTOH

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.