HOYONG BERHENTI MEROKOK TAPI OGAH GENDUT? VAPING AJAH!

Orang-orang yang berhenti merokok sering mengatakan berat badan mereka bertambah setelah berhenti dan risiko semakin gemuk dapat mencegah perokok untuk mencoba berhenti.

“Masalah berat badan mencegah beberapa perokok untuk berhenti, sehingga kita perlu mengeksplorasi cara-cara alternatif untuk membantu (orang) mengkontrol berat badan mereka saat menghilangkan risiko tembakau,” ujar Linda Bauld dari Universitas Stiling seperti diberitakan oleh AntaraNews.com.

IEU RAME LUR: YANDI & ROBERTINO ABSEN, IEU DAFTAR PEMAIN YANG DIBAWA KE MAKASSAR!

Banyak ahli kesehatan publik berpikir rokok elektronik atau vapes beresiko lebih rendah dan menjadi alternatif bagi perokok. Tetapi beberapa ahli juga mempertanyakan keamanannya ketika digunakan dalam jangka panjang serta memperingatkan bahwa rokok elektronik tidak bebas risiko.

Kendati menilai jauh lebih aman, Bauld menekankan dia dan timnya mendukung promosi rokok elektronik bagi non perokok yang ingin tetap langsing. “Manfaat rokok elektronik bagi perokok, jauh lebih besar daripada bahayanya, dikarenakan vaping hanya memiliki sekitar lima persen risiko merokok,” ujar Bauld yang juga merupakan Wakil Direktur Pusat Studi Tembakau dan Alkohol Inggris.

Sedangkan peneliti dari Universitas Oxford, SUsan Jbb menilai bahwa vaping atau rokok elektronik adalah strategi yang efektif untuk membantu proses berhenti dari ketergantungan rokok serta untuk meningkatkan kesehatan.

“Jika mereka juga membantu perokok yang berhenti untuk membatasi kenaikan berat badan, akan menjadi bonus meskipun belum terbukti,” ujar profesor bidang diet dan kesehatan masyarakat Universitas Oxford itu.

Namun Jebb tetap mengingatkan bahwa solusi rokok elektroniok tersebut hanyalah untuk perokok tradisional yang ingin berhenti merokok. “Akan tetapi rokok elektronik bukan bebas bahaya dan atau terbukti membantu menurunkan berat badan, tidak ada bukti mengenai itu, sehingga tidak direkomendasikan untuk non-perokok,” Jebb menegaskan. (.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.