USULAN SOS AGAR KASUS TEWASNYA SUPORTER TIDAK KEMBALI TERULANG !

Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali mengungkapkan, kejadian tewasnya seorang bernama Muhammad Rovi harus menjadi bahan evaluasi semua pihak. Ia menyebut, PSSI, operator kompetisi, klub, sampai kepada organisasi harus intropeksi diri agar kejadian tersebut tidak kunjung berulang.

Bahkan menurutnya, sudah selayaknya ada regulasi suporter dengan aturan yang jelas dan tegas. Hal itu dibuat agar kejadian serupa bisa dihindari.

“Sudah waktunya suporter juga dibuatkan regulasi. Football Spectator Act (FSA) yang diberlakukan di Liga Inggris sejak 1989 bisa dijadikan rujukan,” kata Akmal.

Ieu Rame Lur : Curhatan Sedih Seorang Anak SMA Kepada Pemain Persib !

“FSA mewajibkan seluruh suporter di Inggris memiliki kartu keanggotaan dari klub yang mereka dukung. Ini untuk mengidentifikasi suporter yang bikin rusuh. Mereka akan dicabut kartu anggotanya serta tak boleh menonton pertandingan seumur hidup di stadion bila dinyatakan bersalah,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Akmal, yang lebih penting, PSSI, operator dan juga klub harus memberikan pembinaan kepada suporter. Pembinaan tersebut, sambungnya, meliputi rule of the games sampai kepada sanksi-sanksi yang akan diberikan bila melakukan aksi anarkis dan vandalis baik di dalam maupun di luar stadion.

“Ini salah satu cara untuk mencegah potensi kekerasan yang berujung tumbal nyawa. Cukup Omen yang terakhir meregang nyawa,” tandasnya. (bobotoh.id/HL/Bola.net)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.