VARIABEL POLITIK : ‘NGADADAK’ JADI BOBOTOH !

Sebetulnya, masih ada hubugannya dengan kejadian kemarin (laga vs BFC, red). Tapi ini faktor luar lapangan.

Ini tentang Ahmad Dhani. Ahmad Dhani nonton Persib euy. Padahal seharunya dia itu bonek kan, dia orang Surabaya.

Nah, Ahmad Dhani nonton Persib pakai jaket Persib. Saya yakin ini pertama kali Ahmad Dhani nonton Persib ke stadion. Ini menujukan dan mengundang praduga. Aya naon?

Jadi banyak juga yang suudzon, mencari perhatian dan simpati biar milih dia.

Satu hal yang perlua kita cermati ya. Andaipun seperti itu tujuannya. Ini jaman sudah berubah banyak, masyarakat sipil dan rakyat tidak bodoh-bodoh banget. Gak mungkin juga hal seperti itu berpengaruh signifikan, walapun bisa jadi itu terjadi pada masyarakat yang irasional. Masyarakat yang mikirnya gak logis.

Bisa jadi masyarakat jenis ini yang disaar Ahmad Dhani.

Tapi tetap, mau masyarkakat rasional dan irasional mereka sama-sama mempunyai hak suara.

Persib selalu menarik untuk digandeng, untuk piwalkot Kota atau Gubernur Jabar masih nyambung lah. Sebelum PT PBB (persib Bermartabat) kuat, itu masih ada pejabat publik bisa ngait-ngaitin diri sama Persib. Jual jasa atau apa.

Nah sekarang era sudah beda, jadi caranya lebih soft, gak bisa digandeng secara vulgar, masyarkaat sudah pintar dan Persib milik PT PBB pasti menolak untuk dieksploitasi.

Jadi cara yang pling soft dan halus adalah nonton ke stadion lalu di shoot sama media, seakan-akan dia juga . Jadi karena kita sama-sama maka pilihlah saya, begitulah simplenya.

Menarik, kenapa harus Persib?
Yang menarik adalah salah satu variabel yang paling menentukan dalam politik adalah popularitas. Popularita sangat penting. Makanya di itali, perdana menteri punberapa kali sangat terkenal, Berlusconi, dia mempresentasikan bahwa dirinya Milanisti. Abrahamovic dia juga waktu di chelsea, ada faktor politik untuk bisnisnya ke ke Rusia.

Di asia ada Taksin, para taipan level asia, yang mengakusisi klub liga Inggris, Taksin identik dengan Machester City. Jadi memang variable dalam politik adalah popularitas. olahraga yang populer adalah yang benar-benar magnet.

Bisa dimantaatkan bisa klub dan pemainnya. Politik bisa kampanye dalam sepak bola. Itu dadakan. Ahmad Dhani melakukan itu, salah? tidak, itu sangat wajar. Dia hanya mencitrakan diri bahwa dia bobotoh pakai jaket persib. Itu usaha, namanya juga usaha. Jelang pilkada 2017, Persib ini bakal semakin diekploitasi. Tiba-tiba ada pertemuan dengan bobotoh para calon pilkada nanti. (bobotoh.id/Eko Maung)

 

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.