YPBB: PELARANGAN STYROFOAM KUDU APLIKATIF DAN EFEKTIF!

Direktur Perkumpulan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) David Sutasurya mengapresiasi rencana pelarangan atau pengurangan penggunaaan styrofoam di Kota Bandung. Kebijakan ini sesuai dengan arah pengurangan penggunaan materi-materi sampah bermasalah.

“Secara substantif, kebijakan ini bagus. Tinggal sekarang bagaimana membuat kerangka hukum di level lokal yang aplikatif sekaligus efektif. Ini tidak mudah,” tutur David seperti diberitakan oleh pikiran-rakyat.com

IEU RAME LUR: STYROFOAM PRAKTIS NGAN HANJAKALNYAH BERBAHAYA!

David berpendapat bahwa rencana penerapan kebijakan pelarangan di kawasan-kawasan pemerintahan merupakan langkah paling realistis yang bisa dilakukan. Tinggal sekarang dibuat rencana induk yang matang bagaimana kebijakan ini bakal diperluas nantinya.

David berharap momentum ini tidak hanya digunakan untuk menyasar material styrofoam. Pelarangan atau pengurangan mestinya juga diberlakukan untuk material-material bermasalah sejenis, seperti gelas plastik dan botol mineral. David juga mengusulkan kebijakan yang lebih tersistematis dengan dampak lebih besar.

“Tantangannya sekarang, bisa tidak Pemkot memasukkan kebijakan pelarangan ini ke mekanisme pengadaan barang di lingkungan mereka. Buat daftar beberapa material berbahaya yang dilarang, masukkan itu ke dalam sistem. Memang butuh waktu dan kajian mendalam, tapi dampaknya bakal luar biasa,”tambahnya. (.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.