KEBAKARAN DI ISRAEL MENDURUK POHON GHORQOD?


Dalam beberapa hari media massa dan sosial media ramai mengabarkan bencana kebakaran yang terjadi di Israel. Di wilayah yang direbut dari bangsa Palestina terjadi kebakaran hebat sejak Selasa, 22/11/2016.

Selain membakar wilayah hutan, semak, dan lahan pertanian, kebakaran juga menghanguskan ratusan pemukiman. Sedikitnya 80.000 orang mengungsi dan ratusan dirawat karena terganggu pernafasan akibat asap. Kebakaran juga menyebabkan setidaknya 130 orang terluka dalam kebakaran, sebagian besar karena menghirup asap. Meski demikian, tidak satupun warga yang berada dalam kondisi kritis.

IEU RAME LUR: KOMEN TER HARI INI…. DUDUNG SUWARDI !

Sebelumnya, Wali kota Haifa, Yona Yahav, menuturkan kepada wartawan setempat, skala kebakaran yang terjadi saat ini belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah Haifa. Yahav menambahkan, pihaknya mempersiapkan enam kamp pengungsian untuk menampung warga yang dievakuasi.

Kebakaran hutan yang meluas tersebut membakar pohon ghorqod yang dibudidayakan di Israel. Pohon ghorqod ini dipercaya warga Yahudi Israel dapat melindungi mereka.

Hal ini tercantum dalam hadits Nabi SAW berikut: “Tidak akan terjadi kiamat hingga kaum muslimin memerangi kaum Yahudi, lalu membunuh mereka, sehingga seorang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon berkata: Hai Muslim! Hai hamba Allah! Ini Yahudi di belakangku, kemarilah, bunuhlah dia! Kecuali pohon ghorqod, maka itu adalah dari pohon-pohonnya orang Yahudi.” (HR Muslim VII/188, Bukhari IV/51, Lu’lu’ wa al-Marjan III/30).

Adapun pohon ghorqod atau Nitraria retusa adalah semak garam-toleran atau semak dalam keluarga Nitrariaceae. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi 2,5 meter, meskipun biasanya kurang dari 1 meter tingginya.

Pohon ini kecil, putih hijau, bunganya harum, dan buahnya berwarna merah kecil yang bisa dimakan.Tanaman ini berasal dari padang pasir daerah Afrika utara, di mana ia tumbuh di suksesi primer pada bukit pasir yang

tandus. (.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.