KERUSAKAN ALAM DI JABAR KRITIS, IEU CEUK AHLI!


Beberapa waktu belakangan Gubernur Jawa Barat, Ammad Heryawan, menetapkan bahwa Jawa Barat berada dalam status Siaga Bencana. Hal ini berkaitan dengan banyaknya bencana yang timbul di Jawa Barat akibat curah hujan yang tinggi.

Menurut Aryo Hanggoro, Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikatan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, bencana alam di Jawa Barat bukan hanya terjadi karena kerusakan lingkungan di hulu tetapi sudah mencapai hilir. Eksploitasi alam tanpa perhitungan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berdampak pada bencana alam.

IEU RAME LUR: MENGGRATISKAN TIKET, CARA JÉTU PERSIPURA RANGSEK KLASEMEN!

”Memang sangat ironis. Jawa Barat yang dikenal sangat indah alamnya tapi juga menyimpan bom waktu yang suatu saat akan mengakibatkan bencana. Kerusakan yang terjadi tidak hanya di kawasan perbukitan yang merupakan hulu sungai tetapi juga wilayah yang dilalui aliran sungai hingga kawasan pantai-pantai yang jadi muara,” ujar Aryo pada peringatan Hari Pohon dan Setahun Gerakan Hejo, Sabtu malam, 26/11/2016 di Kabupaten Bandung.

Aryo mengatakan kerusakan lingkungan di Jawa Barat tidak hanya memprihatinkan tetapi juga sudah di ambang kritis. Kerusakan yang terjadi akibat aktivitas yang tidak terkendali berujung pada kerusakan lingkungan yang sulit untuk dipulihkan hingga menimbulkan bencana.

Untuk memulihkan kerusakan, menurut Aryo, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri menanganinya. “Dibutuhkan peran serta masyarakat dan dibutuhkan kerja keras serta waktu panjang untuk memulihkan lingkungan agar ramah dan tidak berakibat bencana,” ujar Aryo lagi seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com. (.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.