MALAWEUNG? AWAS JADI SASARAN PENJAHAT JALANAN!


Aksi kriminalitas bisa terjadi kapan dan di mana saja. Pelaku dan modusnya pun beragam. Kita bisa saja kesulitan untuk menghalangi niat pelaku dalam melakukan aksi kejahatan. Akan tetapi, setidaknya, kita bisa meminimalkan potensi menjadi korban kejahatan itu sendiri.

Ada beberapa modus yang biasanya dilakukan pelaku dalam me­laksanakan aksi kejahatan. Dengan mengetahui modus-modus ter­sebut, masyarakat diharapkan bisa mengantisipasi dan waspada ketika menemukan atau mendekati kondisi tersebut.

Berikut adalah modus-modus kejahatan jalanan, yang pada umumnya dilakukan dengan cara membuat pengalih perhatian.

IEU RAME LUR: SMARTPHONE SINGHORENG LEBIH KOTOR DARIPADA WC! YEAYYYY…

1. MENELPON DENGAN SUARA KERAS
Di dalam angkot mungkin tiba-tiba ada yang menelpon dengan suara keras sehingga perhatian penumpang lain tertuju padanya. hati-hati, karena saat kita memperhatian, temannya yang menyamar jadi penumpang akan menggerayangi tas atau barang bawaan

2. PURA-PURA MEMBAWA TAS BESAR
Modus lain adalah dengan berpura-pura membawa tas besar yang dipangkunya. Satu tangannya memluk tas, dan tangan lainnya menggerayangi tas penumpang lain.

3. PURA-PURA MUNTAH
Mirip dengan cara menelpon, si penjahat pura-pura muntah. Saat perhatian kita terfokus ke sana, kawanan lainnya yang duduk terpisah akan mencopet dompet atau ponsel kita.

4. PURA-PURA TIDUR
Modus serupa adalah pelaku yang biasanya sendirian, berpura-pura tidur. Di saat kita lengah, ia akan mengambil dompet atau menggerayangi tas kita.

5. JAMBRET BERMOTOR
Jambret bermotor ini biasanya mengincar pengguna yag sedang menggunkan hape sambil mengendarai atau dibonceng sepeda motor. Bisa juga menjambret tas atau dompet yang digantungkan di stang atau dijepit di motor, atau mengincar tas selempang.

6. MELEMPAR KACA MOBIL
Penjahat melempari kaca depan mobil dengan batu kecil. Di saat pengemudi berhenti, maka saat itulah akan menjadi sasaran kejahatan penjahat yang biasanya lebih dari satu orang. (.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.