MOTOR MATIC TERKEUEUM BANJIR? INI CARA MENGATASINYA!


Wilayah Bandung Raya dan sekitarnya dalam beberapa hari ini seringali dilanda banjir ‘cileuncang’. Musim hujan dengan curah dan intesnitas yang ekstrim membuat beberapa ruas jalan kerap dilanda banjir.

Akibatnya mungkin banyak yang mengalami motornya terendam air, terutaja jenis sepeda motr matic. Nah bagaimana cara mengatasi sepeda motor matic yang terendam air? berikut .id sajikan tip seperti yang dikutip dari guruotomotif.com.

IEU RAME LUR: KI ENTIS, SOSOK ‘TERSEMBUNYI’ DI SKUAT MAUNG BANDUNG! #BID1MENIT

1. Jangan starter motor ataupun di kick starter, hal ini dapat menyebabkan connectingrod menjadi membengkok
2. Sementara itu untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam mesin atau ruang bakar, caranya adalah dengan melepas busi terlebih dahulu, lalu motor di starter. Dengan begitu maka air yang masuk ke dalam motor matic akan keluar melalui lubang pembuangan air.
3. Periksalah oli di dalam mesin dan pastikan bahwa oli tidak bercampur dengan air, caranya dengan menguras oli mesin dan gantilah filter olinya. Perlu diketahui, bahwa oli yang tercampur dengan air maka warnanya menjadi seperti susu atau milky. Ulangi langkah ini sampai oli benar-benar tidak tercampur dengan air.
4. Pastikan bahwa di dalam box filter udara (di atas karburator) tidak terdapat air yang masuk. Jika ada air yang masuk maka lepaslah filter udara tersebut dan jika darurat maka lebih baik diganti dengan yang baru filter udaranya.
5. Pastikan ruang CVT mesin tidak terdapat air, caranya adalah dengan melepas selang indikator atau selang pembuangan CVT pada bagian bawah dan lepas juga filter CVT. Ruang CVT harus senantiasa kering karena untuk menghindari selip yang terjadi pada belt CVT dan karat pada area CVT.
6. Periksa juga oli gear transmisi dari tercampur dengan air, caranya adalah dengan menguras oli mesin motor. Oli yang tercampur dengan air maka warna oli tersebut akan berubah menjadi seperti susu. Oli pada bagian transmisi juga penting untuk diperiksa karena jika tidak maka biasanya akan menyebabkan suara yang mendengung pada gear ratio.
7. Lakukan perawat tune up. Dengan cara membersihkan busi lalu keringkan, ganti busi jika sudah waktunya diganti. Lakukan juga penyetelan klep, membersihkan karburator dan lainnya.
8.Jika motor sudah dapat hidup dan normal. Periksa bagian kompresi dengan menggunakan alat compression tester untuk memastikan tidak ada kebocoran pada kompresi mesin. (Bobotoh.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.