SMARTPHONE SINGHORENG LEBIH KOTOR DARIPADA WC! YEAYYYY…


Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ahli di UK menunjukkan fakta yang mengejutkan. Mereka menemukan fakta bahwa jumlah bakteri yang hinggap dan bersarang di smartphone atau tablet bisa 18 kali lipat lebih banyak ketimbang bakteri yang ada di dudukan toilet. Penyebab utamanya adalah karena kita sering membawa smartphone ke mana pun dan meletakkannya di mana saja.

Hal itu diperparah dengan minimnya kesadaran para pengguna gadget untuk membersihkan ponsel pintarnya. Kadang ada orang yang sesekali mengelap gadgetnya dengan tisu. Namun, itu masih jauh dari cukup.

Nah, Redaksi .id akan memberikan tips bagaimana membersihkan smartphone seperti yang dilansir jalantikus.com.

IEU RAME LUR: MAUNG NGORA MELAHAP PERSIJA U21 DENGAN SKOR TELAK!

1. Biasakan melepas baterai
Setiap kali akan dibersihkan, idealnya smartphone harus dalam terlepas baterainya. Jika baterainya memang tipe yang tidak bisa dilepas, maka minimal Bobotoh harus mematikan gadgetnya. Hal ini akan lebih nyaman karena

Bobotoh tidak perlu khawatir akan ada tombol yang terklik secara tidak sengaja saat membersihkannya. Cara ini akan memberi baterai sedikit waktu untuk beristirahat.

2. Lepas casing dan cover

Jangan sekedar membersihkan permukaan luarnya saja. Setiap sudutan dan celah yang ada juga wajib dibersihkan. Karena justru tempat-tempat itulah yang paling banyak kotorannya. Maka dari itu, lepaskan semua casing dan cover agar semakin banyak bagian yang bisa dibersihkan.

3. Pilih kain yang lembut untuk mengelap touchscreen
Layar handphone berjenis touchscreen tergolong rentan goresan. Oleh sebab itu, cara membersihkan layar HP yang tepat ialah harus menggunakan jenis kain yang lembut untuk tidak mencederainya.

Yang paling direkomendasikan adalah kain jenis microfiber seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan lensa kacamata. Beberapa toko aksesoris gadget juga menjual kain khusus untuk mengelap touchscreen gadget.

4. Jangan gunakan air biasa atau sembarang cairan
Cara membersihkan layar HP berikutnya ialah touchscreen memiliki lapisan tipis berupa zat tertentu yang dapat membuatnya sensitif terhadap sentuhan. Salah menggunakan cairan dapat merusak lapisan tersebut dan membuat layar menjadi tidak sensitif lagi.

Cairan seperti alkohol dan air keran beresiko besar untuk digunakan. Sebaiknya gunakan air suling atau cairan khusus pembersih gadget yang bisa dibeli di toko. Bila menggunakan air suling, hindari meneteskan air langsung ke layar. Cara yang benar adalah dengan membasahi kain lembut dengan beberapa tetes air suling untuk kemudian dilapkan ke layar.

5. Alkohol untuk casing plastik dan keyboard
Alkohol tidak baik digunakan untuk membersihkan touchscreen. Tapi, cairan ini cukup bagus untuk mengelap casing handphone yang berbahan dasar plastik. Bila memiliki handphone dengan keyboard, Bobotoh bisa membersihkannya dengan alkohol. Namun, berhati-hatilah agar alkoholnya tidak mengenai touchscreen.

Agar aman, gunakan kain lap atau kapas yang sedikit dibahasi dengan alkohol untuk mengelap plastik.

6. Cotton bud untuk celah yang bulit
Celah antar keyboard, celah antara layar, casing, dan speaker, pasti akan kurang bersih bila hanya dilap dengan kain lembab saja. Untuk itu, cotton bud bisa dijadikan andalan.

Agar hasilnya lebih maksimal, pilihlah cotton bud yang ujung kapasnya berbentuk meruncing agar lebih gampang menjangkau celah-celah kecil. Cotton bud bisa dibasahi sedikit dengan cairan pembersih untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Jangan Lupa Lensa Kamera
Lensa kamera juga perlu dibersihkan. Selain jorok, kotoran yang menumpuk di lensa kamera juga dapat mengurangi kejernihan hasil foto. Gunakan cotton bud yang ditetesi air suling hingga sedikit lembab. Gosok lensa dengan gerakan memutar hingga semua debu hilang. Lalu, segeralah melakukan hal yang sama menggunakan cotton bud kering agar sisa air yang tersisa di lensa bisa segera hilang. (Bobotoh.id/RCK)

Komentar

Ricky Nugraha

Bobotoh Persib, Pecinta Kucing, Kopi dan Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.