JATI KASILIH KU JUNTI !

Sampurasun Lur, ada satu ungkapan dalam ’, apa sih artinya itu?

Jadi kieu lur, kita persingkat saja penjelasan dari arti kata peribahas tersebut diambil dari berbagai sumber Blog berisikan artikel Bahasa Sunda.

Awalnya peribahasa itu mengambil dua nama pohon yang serupa tapi tak sama, pohon Junti dan pohon Jati yang sering terlihat tumbuh di hutan.

Kenapa bisa dibilang serupa tapi tak sama? karena keduanya memiliki daun dan batang yang menyerupai namun tak seperti kayu Jati yang sangat bermanfaat malah kayu Junti dinilai sebaliknya.

Sementara itu Kasilih bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah . Jadi bisa diartikan ‘Jati Kasilih Ku Junti’ itu pohon Jati yang (kalah bermanfaat) oleh pohon Junti padahal tidak ada manfaatnya bagi kehidupan sama sekali.

Ieu Rame Lur : DJANUR SEBUT OPAT PEMAIN NU DILEUPAS SUDAH DIMINATI KLUB LAIN!

Tapi, dalam arti sebenarnya dalam kamus besar basa Sunda, ‘Jati Kasilih Ku Junti’ adalah ‘Pribumi Yang tergeser oleh ’.

Apa sih hubungannya? naha dihubungkeun dengan pohon Jati dan Junti?

Jadi kieu lurr, langsung contoh kalimat saja nya: Masa Sih Kita Punya Banyak Pemain bola bertalenta di Jawa Barat tapi masih saja menggunakan pemain dari luar?,  bisa-bisa ‘Jati kasilih Ku Junti’ dong?, dan masih banyak contoh hal lainnya.

Meski begitu, semua dikembalikan pada diri kita sendiri dalam menyatakan sikap. Tak semua Pendatang itu berimbas negatif terhadap pribumi, namun setidaknya seorang pribumi lah yang seharusnya menjadi contoh bagi pendatang.

Punteun bilih ada yang salah atau yang kurang, mun aya salah mangga dibenarkan mun aya kurang sok tambahan, karena saya juga sama sambil belajar. Siapa lagi yang memulai kalau bukan kita? jangan lupa cikopi hideung lur (ohim)! (.id/FD)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.