Teranyar

    3 Cara Menghemat Kuota Data

    11 February 2018 15:03
    Bobotoh ingat peribahasa Harta, Tahta, Wanita? atau Sandang, pangan, dan papan? Peribahasa 'jaman old' itu menggambarkan tingkat kebutuhan manusia saat bertugas di dunia.

    Peribahasa yang di era internet itu sedikit berubah dengan menjadi "Harta, Tahta, Wanita, dan Kuota (internet) dan bersanding dengan "Sandang, Pangan, papan, dan cas-an (charger hape/gadget) yang menunjukan kebutuhan manusia digital abad ini yakni koneksi internet (kuota) dan sumber daya listrik (cas-an).

    Ieu Rame Lur: Cuaca Tidak Menyieun Gomez Berhenti Genjot Persib!

    Internet dan kuota data kini menjadi kebutuhan penting bagi pengguna smartphone. Masing-masing operator kini menawarkan jaringan internet 4G yang memiliki konektivitas lebih cepat dibanding jaringan 3G.

    Kendati demikian, konektivitas internet yang cepat membuat pengguna kerap kali terlalu nyaman internetan, akibatnya kuota data 4G pun jadi cepat habis.

    Lantas apa yang harus dilakukan agar penggunaan kuota data 4G di smartphone lebih hemat? Berikut adalah beberapa tipsnya seperti dilansir Liputan6.com, 11/2/2018.

    1. Membatasi Paket Data
    Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat paket data adalah melakukan pembatasan paket data. Dengan menerapkan batasan kuota per hari, pengguna akan menerima peringatan jika kuota data telah melebihi batas yang ditentukan.

    Bila biasa menghabiskan misalnya 2GB per hari, Bobotoh bisa menyetelnya menjadi 1GB per hari, atau berapa pun yang Bobotoh inginkan.

    2. Minimalkan Penggunaan Aplikasi Chatting
    Siapa sih yang tidak memakai aplikasi chatting di smartphone? Semua orang pasti punya. Apalagi pengguna di Indonesia ini menggunakan lebih dari satu aplikasi chatting.

    Meski hanya dipakai untuk saling ngobrol atau berkomunikasi, aplikasi chatting ternyata memakan kuota data dalam jumlah banyak lho.

    Untuk menghemat paket data, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak aplikasi chatting di smartphone. Hal ini karena kuota data akan terus terkuras bila aplikasi chatting tersebut aktif ataupun berjalan di background.

    3. Pakai WiFi
    Apakah Bobotoh sering menonton video streaming, mendengarkan musik streaming, atau menghabiskan waktu di Instagram menggunakan kuota data? Jika iya, kemungkinan besar hal-hal inilah yang membuat kuota data di smartphone Bobotoh cepat habis.

    Untuk menghemat kuota data, Bobotoh bisa memilih menggunakan jaringan WiFi saat sedang membuka aplikasi-aplikasi streaming.

    Cara lain yang bisa Bobotoh lakukan adalah dengan mengunduh konten dan menyaksikannya kemudian. Jika hal ini dilakukan, tentu kuota data Bobotoh jadi lebih hemat dibanding sebelumnya. (Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli