Teranyar

    6 Cedera Parah Yang Pernah Terjadi di Persib !

    7 August 2017 11:57
    Arjen Robben, pernah mendapatkan julukkan "Si Kaki Kaca" dari media-media di Eropa. Julukkan ini lahir lantaran riwayat cedera dari Robben itu sendiri. Hampir seluruh bagian kakinya pernah merasakan cedera. Mulai dari pergelangan kaki, hamstring, hingga lutut.

    Segendang-sepenarian dengan Robben, Abu Diaby pun juga mendapatkan julukan "Si Kaki Kaca" dari media di Inggris. Bagaimana tidak, kaki-kaki Abu Diaby begitu rentan terkena cedera. Bahkan semenjak karirnya bermula di Arsenal pada tahun 2006, hingga berakhir pada 2015, Abu Diaby hanya tampil sebanyak 125 kali.

    Dalam cabang olah raga apapun, cedera memang menjadi sebuah keniscayaan. Tetapi di sepak bola, potensi seorang pemain terkena cedera itu, agaknya menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan, dalam sepak bola, duel kontak fisik antar pemain tidak terhindarkan.

    Para pemain sepak bola yang pernah berkarir di Persib pun pernah mengalami cedera parah ketika berlaga. Bahkan beberapa di antaranya harus istirahat total dari lapangan hijau selama berbulan-bulan. Berikut adalah 6 pemain yang pernah menderita cedera parah ketika berkarir di Persib.

    1. M. Nasuha

    Nasuha, terkenal sebagai pemain dengan pribadi yang pemalu dan pendiam. Namun, ketika sudah di lapangan hijau, ia selalu tampil trengginas mengisi posisinya di pos bek sayap. Kemampuan inilah yang membuat Persib kepincut untuk mendatangkan Nasuha pada musim 2011/2012 lalu. Persib saat itu berharap, mereka akan mempunyai duet bek sayap mempuni dengan memasang Toni Sucipto di kanan, dan Nasuha di kiri.

    Tetapi, harapan bobotoh melihat duet bek sayap yang hebat itu harus dikubur dalam-dalam. Nasuha sudah tidak dapat melanjutkan karirnya bersama Persib, bahkan ketika paruh putaran pertama musim itu belum rampung.

    Nasuha menderita robek meniscus (bantalan sendi pada lutut) ditambah pecahnya tulang rawan di lutut kirinya. Lantaran hal ini, Nasuha harus menepi selama berbulan-bulan dari lapangan hijau. Jelang musim 2012/2013 berlangsung, Persib resmi melepas Nasuha, karena cederanya tak kunjung membaik.

    2. Hilton Moreira

    Ketika debut Indonesia Super League (ISL) dihelat pada tahun 2008 lalu, pelatih Persib saat itu, Jaya Hartono, membawa sejumlah nama pemain yang sebelumnya merumput bersama Deltras Sidoarjo. Ada nama-nama seperti Hariono, Airlangga, Waluyo, hingga Hilton Moreira.

    Nama yang disebut terakhir itu, merupakan pemain asal Brasil. Ia sejatinya berposisi sebagai gelandang serang. Namun, ketajamannya dalam hal mencetak gol, membuat dirinya kerap juga dipasang mengisi pos depan.

    Saat musim 2009/2010, dirinya berduet di lini depan Persib, bersama penyerang gaek, Cristian Gonzales. Petaka cedera parah datang kepada Hilton, kala Persib menjamu Persema Malang di stadion Si Jalak Harupat, 17/3/1010.

    Di pertandingan itu Hilton bertuburkan dengan salah satu punggawa Persema, Seme Patrick. Dari tubrukkan itu, Hilton terpaksa tak bisa melanjutkan pertandingan dan harus dilarikan ke Rumah Sakit.

    Dari hasil pemeriksaan di Rumah Sakit, Hilton dikabarkan mengalami cedera robek parsial di jaringan lutut kanannya. Ketika itu ia divonis dokter untuk beristirahat hingga akhir musim. Dengan demikian, karena cederanya itu, Hilton tak bisa berlaga membela Persib sampai musim usai. Ketika itu ia juga sampai harus pulang ke Brasil guna menjalani terapi perawatan yang lebih intens.

    3. Hariono

    Rambut panjang sebahu itu dibiarkannya terurai. Ketika berlari-lari di lapangan, rambutnya terkibas-kibas. Itulah Hariono, pemain asal Klagen, Jawa Timur, yang telah membela Persib sejak 2008 lalu.

    Hariono dikenal para bobotoh sebagai pemain yang berani. Tak kenal lelah berlari mengejar bola."Si Euweuh Kacape" agaknya bukan julukkan yang berlebihan untuk disandang pemain yang satu ini.

    Selama berkarir di Persib, Hariono pernah mengalami cedera parah. Itu terjadi ketika musim 2011/2012. Saat itu Persib sedang bertandang ke Gresik, untuk menghadapi tuan rumah, Gresik United. Di pertandingan tersebut, Hariono terlibat perebutan bola dengan salah satu punggawa Gresik, Gustavo Chena. Chena ketika duel itu terjatuh dengan menimpa tubuh Hariono. Akibat dari itu, tulang bagian atas dada Hariono pun dikabarkan patah. Hariono tak sanggup melanjutkan pertandingan. Ia mesti dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

    Karena cederanya tersebut, ketika itu Hariono harus istirahat selama satu bulan penuh. Posisi Hariono di sektor gelandang bertahan pun perannya digantikan oleh Robbie Gaspar.

    Ieu Rame Lur : Umuh Mengbeberkan Clue, Inikah Striker Anyar Persib?

    4. Tema Mursadat

    Ketika mengawal gawang Persib, ia selalu mengenakan celana pendek hitam. Gaya Tema ini, sedikit membuat para bobotoh ketika itu 'pangling'. Pasalnya, saat itu bobotoh sudah terbiasa melihat penjaga gawang Persib sebelum Tema, Cecep Supriatna, mengenakan celana training panjang kala mengawal gawang Persib.

    Tema merupakan kiper asal Lebak, Banten. Ia memulai karirnya di Persib Bandung ketika tahun 2007 silam. Sebelum berkarir di Persib, Tema membela tim asal kota Tangerang, Persikota.

    Tema membela Persib hingga tahun 2009. Selama perjalanan karirnya di Persib yang cukup terbilang singkat itu, Tema pernah mengalami cedera parah. Hal itu terjadi jelang Liga Super Indonesia 2009/2010 bergulir. Tema menderita cedera lutut kanan lantaran melakukan gerakan yang hampir sama ketika ia menderita cedera sebelumnya. Atau dengan kata lain, saat itu Tema terkena trauma cedera.

    Dokter tim Persib saat itu, Ia Kurnia, menyarankan Tema untuk melakukan operasi. Jika Tema tidak melakukan operasi, Tema terancam akan kehilangan karirnya sebagai pesepak bola profesional. Masa pemulihan pasca operasi pun sangat lama, yakni selama enam bulan. Hal itulah yang membuat Tema tidak bisa melanjutkan karirnya bersama Persib ketika itu.

    5. Rahmat Hidayat

    Datang sebagai salah satu dari gerbong pemain yang diboyong Dejan Antonic ke Persib, Rahmat Hidayat diperkenalkan bersama Kim Jeffrey dan David Laly. Pemain asal Medan itu, bersama Kim dan David, digadang-gadang akan jadi pemain muda yang bersinar di Persib Bandung pada kompetisi ISC 2016 lalu.

    Namun apa daya, karir Rahmat Hidayat bersama Persib justru terseok-seok. Salah satunya adalah karena cedera lutut panjang yang dialaminya ketika Persib melakukan ujicoba melawan PS Polri, pada 12 Maret 2016.

    Cedera itu membuat Rahmat tak bisa membela Persib Bandung selama kurang lebih 2 bulan. Ia juga absen ketika Persib menjalani turnamen pra-musim,Piala Bhayangkara karena cederanya tersebut.

    6. Sergio Van Dijk

    Yang teranyar, ada nama Sergio Van Dijk yang saat ini sedang mengalami cedera parah di Persib. Sergio yang pada musim 2012/2013 juga sempat membela Persib, didatangkan kembali oleh Persib pada pertengahan musim 2016.

    Pemain naturalisasi asal Belanda ini, mengalami cedera pada saat pertandingan perempat-final gelaran Piala Presiden 2017 lalu. Kala itu, Persib bersua dengan Mitra Kukar di stadion Manahan, Solo. Ditengah-tengah pertandingan, Van Dijk tampak meringis kesakitan sambil memegangi lutut kirinya. Hingga ia pun terpaksa harus ditarik keluar.

    Awalnya, cedera Sergio ini diproyeksikan hanya memerlukan waktu sebentar untuk pulih. Namun dalam kenyataanya, cedera Sergio kerap kambuh lagi dan lagi. Sergio sempat menjalani beberapa pertandingan Persib di Liga 1, tetapi karena cederanya itu, penampilannya pun tak maksimal. Hingga akhirnya, pada Juni lalu, Sergio memutuskan untuk pulang sementara ke Belanda guna menjalani pengobatan cedera yang lebih baik. Hingga tulisan ini dibuat, Sergio belum pulang dari Belanda untuk memulihkan cederanya tersebut. (bobotoh.id/Rio Rizky)

    Editor : HL

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli