Teranyar

    9 Tips Untuk Bobotoh Cara Merawat Motor di Musim Hujan !

    22 November 2017 15:53
    Akhir-akhir ini, Kota Bandung dan sekitarnya kerap diguyur hujan lebat. Tak jarang, beberapa titik wilayah diterjang banjir cileuncang.

    Hal tersebut tentunya membuat bobotoh yang memiliki kendaraan harus melakukan perawatan ektra. Selain mencuci, ada perawatan lain yang harus diperhatikan oleh bobotoh, khusunya pengguna roda dua. (bobotoh.id/HL)

    Ieu Rame Lur : Foto-foto Wasit Dikejar-kejar Pemain & Ofisial PSPS !


    Apa saja sih dan perawatan apa yang harus dilakukan?

    1. Penambahan Tekanan Ban
    Hujan di jalanan akan mengakibatkan genangan air, ada baiknya setelah anda menerobos genangan air hujan besoknya periksa tekanan udara yang ada dalam ban tersebut,anda bisa menekan menggunakan jempol tangan apakah tekanan udaranya masih atau perlu di tambah. Masalahnya jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru akan mempercepat ban motor menjadi tips atau gundul.

    2. Rantai
    Dengan sifat air hujan yang memiliki keasaman ,maka air tersebut apa bila terkena besi akan menimbulkan karat bahkan besi atau rantai motor sekalipun. Apa lagi jika motor yang anda kendarai tidak menggunakan penutup rantai tentunya hal tersebut akan sangat rentan sekali untuk menimbulkan karat. Maka dari itu untuk menghindari karat anda bisa menutup rantai motor agar terlindungi dari hujan, jika rantai motor anda kendor anda bisa kencangkan kembali ,jika tidak tahu caranya anda bisa baca postingan saya sebelumnya Cara Memasang dan Setting/Setel Rantai Motor Balap

    3. Kanvas Rem dan Piston Cakram Rem
    Seperti yang kita ketahui bahwasannya kanvas rem itu terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering.Oleh sebab itu saat anda selesai mencuci motor ada baiknya anda menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas kering. Jika tidak maka rem motro anda akan menjadi keras saat pedal rem di injak.
    Sementara pada bagian rem cakram, perawatan yang anda lakukan cukup mudah yaitu dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram (misalnya disk cakram) .Pasalnya rem cakram bersifat terbuka dan ketika anda melibas genangan airu maka kotoran akan menempel pada bagian disk cakram .

    3. Busi
    Komponen motor yang satu ini adalah salah satu jantungnya sebuah motor , tanpa busi mungkin motor tidak akan bisa hidup.Komponen vital saat musim penghujan adalah busi motor.Setelah anda membersihkan motor jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan ke busi ,yaitu dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi untuk kemudian di tiup agar bersih dan airu yang ada di bagian busi bisa hilang atau anda juga bisa mengelap(mengeringkan) bagian busi yang terkena air. Bukan hanya busi saja tapi juga denga kabelnya , pasalnya jika busi motor basah tentuyna akan menghambat proses pengapian ketika motor dinyalakan.

    4. Kotak Saringan Udara.
    Jangan lupa jika motor anda terkena air hujan anda bisa coba bersihkan komponen yang lain seperti kotak saringan udara. Jika komponen motor yang satu ini basah maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.

    5. Knalpot
    Kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian body , spakbor tapi juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Oleh sebab itu baiknya anda juga membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motro tetap berfungsi dengan sempurna. Terus bagaimana caranya..? caranya cukup mudah anda bisa keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Nah jika sudah anda bisa pasang kembali dan panaskan kembali motor yang memakan waktu kurang lebih 5 menit

    6. Rem Depan dan Rem Belakang
    Komponen motor yang sering terjadi saat musin hujan atau saat anda mengendari motor di musim hujan adalah REM bagian depan dan REM bagian belakang. Hal tersebut di tunjukan dengan adanya bunyi pada bagian rem.Anda tidak usah panik karena bunyi tersebut muncul akibat kanvas rem yang basah.

    7. Jari jari roda Motor
    Biasanya saat anda mengendari motor di musim hujan tentunya semuanya akan terkena air hujan ,hal tersebut akan berakibat pada velg jari jari roda motor .Akibat yang dihasilkan tentunya besi velg motor anda akan keropos ,oya untuk keropos sendiri memang tidak tampak dari luar karena keropos ini biasanya terjadi di dalam.

    8. Kabel Body
    Jika motor anda memiliki body terbuka pastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air alias kering. karena apa bila pada bagian socket atau kabel terkena air akan menyebabkan kongslet sehingga bisa merusak komponen motor yang lainya.

    Sumber : modifikasi.co.id

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli