Teranyar

    Adu Caretaker !

    12 August 2017 14:20
    Laga antara Arema FC vs Persib Bandung yang digelar si Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Sabtu (12/8/2017) merupakan salah satu pertandingan besar di Liga 1 2017 ini. Pertandingan ini sangat layak disaksikan dan memang merupakan pertandingan menarik. Selain kedua tim merupakan tim besar di Indonesia, yang membuat menarik laga tersebut adalah, baik Arema maupun Persib, saat ini sama-sama dilatih oleh caretaker masing-masing, usai pelatih kepala kedua tim ini mengundurkan diri.

    Di Arema ada nama Joko Susilo yang menggantikan posisi Aji Santoso. Sementara di kubu Persib, ada nama Herrie 'Jose' Setiawan yang menduduki kursi pelatih usai ditinggalkan Djajang Nurjaman.

    Dengan demikian, laga nanti malam adalah laga duel antar caretaker. Redaktur senior dari BobotohID, Eko Maung pun dalam sebuah siaran langsung di akun facebook BobotohID pada Sabtu (12/8/2017), memberi tajuk laga ini sebagai laga "Adu Caretaker".

    Dalam siaran langsung yang total berdurasi 12:33 menit itu, Eko Maung membahas preview seputar taktikal, dan seberapa besar kesempatan Persib bisa memenangkan pertandingan.

    Menurut Eko, kemenangan Persib pada saat menghadapi PS TNI pekan lalu, Sabtu (5/8/2017), tidak bisa dijadikan tolak ukur kebangkitan Persib. Pertandingan melawan Arema lah yang akan menjadi ujian sesungguhnya tim Maung Bandung.

    "Jadi sesungguhnya, ujian pertama kali untuk Persib di putaran kedua itu, nanti malam, ya. Karena kalau PS TNI ini, kan, walaupun dia tim yang prestasinya gak jelek-jelek amat, tapi sebagai tim bola kan dia (PS TNI) tim baru. Gak punya tradisi, lalu juga pressure dari penonton (suporter PS TNI) juga gak ada," tutur Eko.

    Sementara, di laga menghadapi Arema nanti lah yang dapat dijadikan tolak ukur kebangkitan Persib. Hal ini karena, masih menurut Eko, pressure yang akan diterima Persib akan lebih nyata, terlebih Persib bermain di kandang Arema.

    "Yang pertama karena kita main away. Yang kedua juga dukungan suporter ada, kita bakal dipressing sama Aremania. Lalu juga, dari sisi pemain juga, itu (para pemain Arema) bukan pemain 'jadi-jadian' itu pemain-pemain bagus. Ada 'El Loco' Gonzales dan lain-lain," beber Eko.

    Ieu Rame Lur : Ini Dia ! Mereka Yang Pernah Bersitegang Dengan Bobotoh !

    Terkait striker Arema, Gonzales, Eko pun memberi sorotan tersendiri. Pemain naturalisasi asal Uruguay itu, dianggap Eko harus sangat diwaspadai Persib di laga nanti. Mengingat ketajaman dan produktifitas gol Gonzales masih sangat tinggi, kendati usianya sudah berkepala empat.

    "Dan yang harus diwaspadai saya rasa adalah striker gaek, mantan pemain kita juga, Cristian Gonzales. Karena apa, Gonzales ini setiap ada peluang sedikitpun, dia bisa cetak gol," jelas Eko.

    Masih menurut Eko, tipe pemain seperti Gonzales adalah pemain yang cerdas. Mahir dalam menempatkan posisi. Dan striker cerdas seperti inilah yang kerap merepotkan lini belakang Persib.

    "Jadi kalau pemain (striker) tinggi, cepat, biasanya gak bisa ngapa-ngapainlah kalau lawan defender Persib. Ada Vujovic segala macem, dia bisa mematikan itu. Tapi kalau pemain cerdas, yang penempatan posisinya bagus, kadang-kadang justru pemain kita agak kesulitan."

    Di sisi lain, Eko juga melihat ada kemiripan antara Arema dan Persib. Ia mengatakan kedua klub ini, selain sama-sama ditangani oleh caretaker, tekanan suporter masing-masing klub pun besar.

    "Jadi Arema sama Persib ini mirip. Tekanan suporter dan juga beban untuk pelatih,tinggi. Sehingga pelatih sama-sama mundur," lanjutnya.

    Di akhir Eko kembali menekankan, bahwa laga kontra Arema ini merupakan tolak ukur bagi Persib. Jika Persib bisa memenangkan pertandingan ini, pertandingan-pertandingan selanjutnya akan mudah bagi Persib. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, berarti menunjukkan bahwa Persib belum bangkit dan masih sama seperti sebelum-sebelumnya.

    "Jadi kalau misalkan lawan Arema ini bisa menang, mainnya bagus. Saya pikir game-game mendatang, sisa putaran dua, akan bagus juga. Tapi kalau ternyata mainnya jeblok, ya Persib berarti belum bangkit dan masih tetap angin-anginan juga," sebut Eko. (bobotoh.id/Rio Rizky) (Foto : Ilustrasi)

    Catatan Redaksi : Atrikel diatas sesuai dengan apa yang disampaikan Eko Maung melalui siaran langsung facebook live bobotohID (BID)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli