Teranyar

    AuthenticGuards, Aplikasi Untuk Memariksa Keaslian Barang!

    29 July 2017 17:49
    Membanjirnya bajakan alias KW alias palsu merugikan pelaku usaha dan konsumen. Bagi pelaku usaha jelas selain merugikan dari sisi keuntungan, juga dari sisi citra/ brand karena tak jarang barang 'KW' kualitasnya lebih rendah. Sedangkan bagi konsumen, tentu saja mendapatkan barang yang tidak sesuai aslinya dengan harga yang
    mungkin juga tidak murah.

    Melihat fenomena pembajakan atau pemalsuan barang yang banyak dialami juga oleh orang-orang terdekat mereka, Ryan Akbar dan Muqsith Ahmadi kemudian mencoba menciptakan solusi bernama AuthenticGuards untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

    Ieu Ramé Lur: Bobotoh & Jakmania Sebagai Pemeran Utama

    untuk memastikan keaslian sebuah produk, pelaku usaha bisa menempelkan stiker hologram pada barang yang ingin diawasi. Stiker hologram tersebut memiliki nomor atau QR code khusus.

    Pengguna dapat melacak informasi atau status produk yang ingin dipantau melalui dasbor. Aplikasi ini juga membantu pelaku usaha mengetahui profil, lokasi, dan demografi para konsumen produk melalui dasbor tersebut.

    Di sisi lain, stiker hologram tersebut juga dapat membantu konsumen untuk membedakan produk yang asli dan palsu. Caranya, konsumen cukup mengunduh aplikasi AuthenticGuards, kemudian memindai stiker hologram tersebut.

    Ryan mengakui, tantangan terberat dalam memperkenalkan AuthenticGuards adalah dalam mengedukasi pasar. Baik dari segi konsumen yang menggunakan produk, maupun klien sebagai pemilik merek atau produk.

    “Memang perlu dijelaskan secara detail ke klien, keuntungan apa saja yang mereka peroleh dari AuthenticGuards selain untuk memastikan keaslian barang. Sementara dari segi konsumen, masih banyak yang belum sadar tentang sisi negatif membeli produk bajakan,” jelas Ryan seperti dilansir Tech In Asia, Kamis, 27/7/2017.

    Saat ini, AuthenticGuards telah bekerja sama dengan sembilan klien yang bergerak di ranah fesyen dan farmasi. Targetnya, tahun ini mereka bisa menggaet lima puluh klien termasuk sejumlah merek-merek high-end di luar Indonesia.(Bobotoh.id/RCK)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli