Teranyar

    'Baju Robot' Untuk Cegah Cedera!

    22 February 2018 15:34
    Bekerja sama dengan Ekso Bionics, Ford menciptakan baju mekanik yang dinamakan exoskeleton. Seperti di film-film sains fiksi, 'pakaian robot' ini bisa membuat pemakainya lebih kuat dan mampu mengoptimalkan otot tanpa cedera.

    "Bukan untuk menggantikan manusia, tetapi untuk meningkatkan kemampuan manusia kualitas kerja dalam waktu yang lebih lama," tutur Marty Smets dari Ford Motor Company kepada Mashable.

    Ieu Rame Lur: Ternyata, Pengusaha Indonesia Ini Memeser Klub Di Belgia Sejak Tiga Tahun Lalu

    Dengan menggunakan exoskeleton, para operator di pabrik Ford dapat meningkatkan daya tahannya saat bekerja. Rata-rata setiap pekerja mengangkat tangannya 4.600 kali per hari yang tentu rentan terhadap cedera.

    "Kami tidak membuat mereka bisa mengangkat beban yang lebih berat atau bekerja lebih lama. Tetapi mengurangi kelelahan yang dapat membuat para pekerja cedera. Karena kelelahan otot dapat dapat menyebabkan cedera," tutur Smets lagi.


    Walau exoskeleton ini tampaknya seperti penghubung ke era otomatisasi dengan robot, tetapi faktor ketelitian manusia akan lebih penting untuk meningkatkan kualitas produk. (Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli