Teranyar

    Berhenti Sebelum Piriwit, Bagaimana Status Arema FC vs Persib Bandung?

    16 April 2018 17:12
    Sejak memasuki 10 menit terakhir suasana Stadion Kanjuruhan semakin 'panas'. Setelah Ezechiel mencetak gol ke-2, tampak Tribun Timur Stadion Kanjuruhan mulai berulah.

    Botol hingga sandal, sepatu, dan tongkat bambu berterbangan ke lapangan pertandingan. Bahkan Ghozali Siregar yang hendak mengeksekusi lemparan ke dalam sempat mengurungkan niatnya.

    Ieu Rame Lur: Cara Tim Persib 'Lolos' Dari Kerusuhan Di Kanjuruhan!

    Kerusuhan mulai pecah saat Dedik mendapat kartu merah karena menyikut Ardi Idrus. Aremania mulai merangsek masuk ke sentelban padahal pertandingan belum berakhir.

    Setelah tendangan penjuru Arema FC gagal menembus pertahanan Persib, Aremania mulai mendekati lapangan. Match steward mulai kewalahan menahan ratusan bahkan ribuan orang yang marah.

    Para pemain pun mulai meninggalkan lapangan dan mendekati ruang ganti. Di layar kaca tampak official Arema FC yang berdiskusi dengan wasit Handri Kristanto. Tidak jelas apa yang mereka bincangkan, tetapi dari romannya, official Arema FC tetap meminta wasit melanjutkan pertandingan.

    Masih tersisa kurang dari satu menit tetapi wasit tidak meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Aremania sudah terlanjur masuk dan memenuhi lapangan Stadion Kanjuruhan.

    Di dalam regulasi Liga 1 2018, dijelaskan jika force majeure yang termasuk kericuhan penonton maka status pertandingan akan diputuskan oleh PT LIB sebagai operator liga. Keputusan yang diambil LIB tersebut sesuai dengan regulasi yang tertuang pada pasal 12 ayat 1 C dan 1 D.

    Keputusan wasit Handri Kristanto adalah tepat menghentikan pertandingan sesuai diskresi atau kewenangan wasit. Mengacu pada hal di atas bisa ditarik kesimpulan bila status pertandingan masih belum selesai sesuai waktu yang ditentukan.

    Skor masih 2-2 (1-1) dan 50 detik menjadi waktu berharga dan masih berpeluang menjadi gol. Kita masih ingat, pada pekan ke-1 Liga 1 2018 bagaimana saat PS. Tira membobol gawang Persib di menit terakhir dan menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1. Setelah gol, wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

    Berkaca pada pertandingan antara Persija vs Persib di Manahan Solo di Liga 1 2017, Persib Bandung kemudian dinyatakan kalah WO. Dalam sidang komdis yang diputuskan beberapa waktu kemudian, Persib dianggap mengundurkan diri setelah memprotes keputusan Wasit Shaun Evans (Austalia) secara berlebihan karena dianggap merugikan Persib Bandung.(Bobotoh.ID/RCK. Foto: Ilustrasi)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli