Teranyar

    Borneo Menglawan Persib Ditunda, PT. LIB Salahi Aturan?

    14 September 2017 10:35
    Laga Persib menantang Pusamania Borneo FC mesti ditunda. Perubahan jadwal tersebut terbilang mendadak karena pertandingan akan digelar pada Sabtu (16/9/2017) di Stadion Segiri, Samarinda.

    PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku pembuat dan yang menetapkan jadwal pertandingan memang berhak melakukan perubahan terhadap jadwal pertandingan. Namun, PT LIB tentunya harus melakukan koordinasi dengan klub tersebut. Terkait ini, menurut informasi yagn didapat BID dari pihak Persib, manajemen baru mendapatkan surat dari Komdis PSSI pada pukul 1.00 dini hari. 

    Untuk kasus ini pun, PT LIB sepertinya mesti melihat kembali peraturan yang mereka buat sendiri. Dalam pasal 14 poin 6 yang berisi jadwal pertandingan, perubahan jadwal pertandingan ditetapkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari Pertandingan. Sedangkan perubahan jadwal Persib vs Borneo dilakukan H-2 pertandingan.

    Penyebab ditundanya pertandingan Persib vs Pusam sendiri masih simpang siur. Kabarnya, Borneo FC mendapatkan sanksi tanpa penonton sebanyak 4 laga dan bertanding di tempat netral.

    Ieu Rame Lur : Pelatih PSM Sebut Anak Asuhnya Sudah Gabung ke Real Madrid !

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Disini...

    Namun, jika mengacu kembali pada peraturan terdapat empat penyebab perubahan jadwal yaitu keamanan, siaran langsung televisi, force majure (bencana alam), dan agenda nasional/daerah.

    Dalam pasal 14 poin 8 dan 9 juga disebutkan terkait perubahan jadwal pertandingan. Namun jika mengacu pada pasal tersebut Borneo FC dipastikan tidak bisa dikenakan WO. Karena dalam hal ini, PT LIB melalui komdis PSSI yang memutuskan jika laga tersebut ditunda, bukan permintaan dari Borneo FC sendiri. 

    "Karena alasan perizinan, Klub dapat mengajukan permohonan perubahan jadwal Pertandingan pada 7 hari sebelum hari Pertandingan yang telah ditetapkan oleh LIB untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan atau penolakan oleh LIB." tulisan di pasal 14 poin 8.

    "Dalam hal Klub tidak dapat mengajukan permohonan perubahan hari dan tanggal Pertandingan diluar tenggat waktu yang ditetapkan oleh LIB atau LIB menolak permohonan perubahan hari dan tanggal Pertandingan, maka LIB akan mengambil alih penyelenggaraan Pertandingan untuk dilaksanakan di tempat yang ditetapkan oleh LIB," pasal 14 poin 9. 

    Meski dalam pasal 79 Penutup diterangkan bahwa PT LIB bisa menetapkan hal-hal yang belum diatur dalam peraturan, tapi alangkah lebih indah jika PT LIB mengikuti hal-hal yang telah mereka atur sendiri sebelumnya.

    BobotohID (BID) pun mencoba menkonfirmasi terkait hal tersebut kepada Risha Adi Widjaya selaku Direktur Kompetisi dan Operasional PT Liga Indonesia Baru. Namun Risha tidak menjawab telepon dari salah seorang kru BID. Selain telepon, dua pesan singkat yang dikirim pun belum juga dibalas. (bobotoh.id/Muhammad Ma'ruf)

    Editor : HL

    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, mangga klik disini lalu ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Reseller : RDK09)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli